Monday, May 14, 2007

PELATIHAN PROFESSIONAL MANAGER LEADER

PROPOSAL

I. PELATIHAN PROFESSIONAL MANAGER LEADER
KETERAMPILAN MENJADI PEMIMPIN SECARA PROFESIONAL MANEJER


Dasar Pemikiran
Pada mulanya konsep manajemen dikenal sebatas konsep manajerial saja, yaitu kemampuan merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), melaksanakan (actuating) dan pengawasan (control) atau lebih dikenal dengan POAC. Namun kemudian ditambah dengan konsep proses pengambilan keputusan (decision making process) sehingga menjadi POACD. Pada perkembangannya konsep manajemen ditambah lagi dengan konsep profesionalisme, yaitu mara manejer yang telah mempunyai keterampilan yang tinggi dibidang kemampuan manajerial, dan layak disebut sebagai profesional manejer.

Konsep leadership-kepemimpinan pada mulanya dipercaya sebagai kemampuan yang diwariskan, sehingga dipercaya sebagai sesuatu konsep yang tidak bisa diajarkan . Juga dapat terlihat dari kebiasaan orang-orang tua dalam memilih jodoh anaknya selalu melihat bibit-bobot-bebet, tidak terkecuali di Amerikia Serikat sendiri, dimana calon presiden ditelusuri bibit-bebet-bobotnya apakah layak menjadi leader bangsa Amerika Serikat. Sehingga dari penelusurannya ditemukan salah seorang kandidat presiden pernah sekolah di sekolah muslim-Tsanawiyah di Jakarta, dan diduga terpengaruh paham Islam fanatik, pada hal bukan.

Sekarang leadership/ kepemimpinan bisa diajarkan karena secara ilmiah dapat dicirikan konsep-konsep kepemimpinan dan karenanya juga dapat diajarkan.
PRIMA Consulting Group dapat membantu dalam pelatihan leadership ini.
Bersama dengan konsep profesionalisme, manajerial dan leadership diramu jadi satu yang disebut sebagai Profesional Manajer Leader, yaitu kemimpinan yang berdasarkan profesionalisme dibidang kemampuan manajerial.


Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Tujuan pelatihan ini adalah untuk memahami konsep dasar kepemimpinan dimasa datang serta sekaligus memperoleh pelatihan kepemimpinan untuk menjadi seorang pemimpin yang effisien dan efektif.
Pemahaman makna kepemimpinan sangat penting karena sekali seorang karyawan yang dipromosikan untuk menjadi pimpinan akan berdampak jangka panjang dalam karirnya kalau yang bersangkutan tidak mengenal watak / prilaku sebagai pemimpin yang baik.


Materi Pelatihan
1. Kepemimpinan dan bedanya dengan professional, kompetensi dan kemampuan manajerial.
2. Kepemimpinan masa depan sebagai seorang Professional Manager Leader.
3. Role play sebagai Pemimpin.

Peserta.
1. Calon pimpinan pemula.
2. Manejer dan Staf Bagian Personalia / Sumber Daya Manusia.
3. Manejer dan Staf bagian lain yang memerlukan pengetahuan dasar tentang kepemimpinan masa depan.

Mengenai Jadwal, Instruktur dan Alokasi Waktu dapat dilihat pada bahagian ke III dari proposal ini.


II. PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT – KECERDASAN MEMECAHKAN
MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN


Dasar Pemikiran
Untuk melengkapi untuk menjadi calon pimpinan dan atau pimpinan muda paripurna yang mempunyai 200 % kecerdasan rata-rata maka sekarang sedang dipopulerkan kecerdasan AQ-Adversity Quotient-Kecerdasan mengidentifikasikan masalah dan menangani masalah serta mengambil keputusan secara cerdas, dengan baik dan benar.
Sekarang makin terasa bahwa seorang calon pimpinan dan atau pimpinan muda bukan semata – mata mempunyai IQ yang baik, disertai EQ, CQ, RQ, SQ yang baik saja, tetapi juga mampu menerapkan AQ secara cerdas, baik dan benar, sehubungan juga dengan keharusan penerapan Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko, karena risiko juga adalah sisi lain dari masalah yang perlu diatasi.
PRIMA CONSULTING dapat membantu perusahaan dalam memberikan pelatihan AQ ini untuk membentuk calon pimpinan dan atau pimpinan muda paripurna yang mempunyai kecerdasan 200 % dibanding manusia dari professi lainnya.

Sasaran dan Manfaat
Oleh karena calon calon pimpinan dan atau pimpinan muda telah mempunyai IQ yang baik maka AQ dapat dilatihkan untuk para calon pimpinan dan atau pimpinan muda pemula yaitu para Supervisor sampai calon Pemimpin (Pemimpin Cabang ataupun Pemimpin Bagian di Kantor Pusat).
Untuk calon pimpinan dan atau pimpinan muda yang bukan lagi pemula, workshop ini juga akan sangat berguna untuk revitalisasi dan atau mereview problem solving ability.
Namun manfaat utamanya pelatihan ini sudah barang tentu merupakan pelatihan kemandirian dalam mengidentifikasikan masalah dan menangani masalah secara cerdas sejalan dengan penerapan konsep Good Corporate Governance, prinsip kehati – hatian dan manajemen risiko.

Materi yang Diberikan
Materi yang diberikan berupa konsepsi dasar bagaimana mengidentifikasikan adanya masalah atau kemungkinan akan adanya masalah, memprioritaskan penanganan masalah, mengidentifikasikan penyebab timbulnya masalah tersebut, merumuskan cara -cara / solusi penanganan masalah dan merumuskan sebab-sebab yang akan dapat menggagalkan solusi serta merumuskan tindakan pencegahan (contingency plan).

III. JADWAL PELATIHAN
Jadwal Pelatihan Untuk Professional Manager Leader
Hari Pertama
08.00 – 10.00 Apa Yang Dimaksud Dengan Kepemimpinan Dan Apa Bedanya Dengan Kemampuan Professional Oleh: T Chairul Wisal
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 12.15 Kemampuan Kompetensi, Kemampuan Manajerial Dan Hubungannya Dengan Kepemimpinan Oleh: T Chairul Wisal
12.15 – 13.15 Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan)
13.15 – 16.00 Role Play Kepemimpinan Oleh:T Chairul Wisal


Jadwal Pelatihan Untuk Adversity Quotient
Hari Kedua
08.00 – 10.00 Latar belakang AQ.
Bagaimana mengidentifikasikan adanya masalah dan memperioritaskan penanganan masalah Oleh: Tosman SE., MA

10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 12.15 Bagaimana mengidentifikasikan sebab yang paling mungkin timbulnya masalah Oleh: Tosman SE., MA
12.15 – 13.15 Istirahat, sholat dan makan siang
13.15 – 15.15 Bagaimana mengidentifikasikan solusi yang paling mungkin terhadap masalah Oleh: Tosman SE., MA & Daisy Endrayani
15.15 – 15.30 Coffee Break
15.30 – 17.00 Analisa kontijensi, bagaimana mengidentifikasikan masalah potensial yang dapat muncul yang akan menggagalkan solusi yang paling mungkin. Oleh: Tosman SE., MA & Daisy Endrayani


IV. BIAYA DAN TEMPAT PELATIHAN.
Untuk kedua materi dan dua hari pelatihan diatas sebesar Rp. 40.000.000,- (empatpuluhjutarupiah) dengan maksimum 30 peserta per batch / kelas.
Biaya Tersebut sudah termasuk honor Instruktur, diktat, tas peserta, dan Sertifikat Kepesertaan namun belum termasuk pajak, makan minum setempat, ruangan pelatihan dan perlengkapan pelatihan (OHP, infocus, flip chart , white board dan whiteboard marker), biaya transportasi dan akomodasi instruktur dan satu petugas administrasi pelatihan.

Pembayaran biaya pelatihan ditujukan kepada PT PRIMA ADIL USAHA TAMA AC No. 117 0002053122 pada Bank Mandiri Cabang Roxy Mas, Jakarta Pusat.

Segala informasi yang diperlukan mengenai pelatihan ini dapat menghubungi :
Sdri. Rahmah , HP No. 0815 9927946, atau Sdri. Upie

No comments: