Monday, January 26, 2009

TRAINING TFP (THINKING-FEELING PROCESSING)

TRAINING
TFP (THINKING-FEELING PROCESSING)


Latar Belakang

Setiap orang, akan selalu memanfaatkan pikiran-perasaan dalam pemecahan masalahnya. Pemanfaatan pikiran-perasaan yang berfungsi sebagai pengolah masalah, akan dilandasi dan dilatar belakangi pengetahuan–pengalaman. Inilah yang kami maksud dengan TFP (Thinking-Feeling Processing) di atas.

TFP (Thinking-Feeling Processing) adalah konsep yang kami kembangkan untuk memahami dengan baik berbagai persoalan menyangkut tingkah laku manusia. Bagaimana mengubah dan membentuk sikap dan tingkah laku manusia merupakan pokok bahasan yang perlu kita pahami.

TFP Concept sangat berguna dalam menangani berbagai masalah menyangkut perubahan dan pembentukan sikap dan tingkah laku manusia. Pemanfaatannya akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas pekerjaan terkait.

Pemahaman TFP Concept akan mendukung kelancaran pemecahan masalah menyangkut tingkah laku manusia. Pemahaman TFP Concept dapat pula digunakan untuk memperlancar dan menyeimbangkan proses komunikasi interpersonal.


Merupakan konsep mendasar yang perlu dikuasai dan dapat digunakan dalam penanganan berbagai bidang persoalan yang berkaitan dengan proses perubahan dan pembentukan sikap dan tingkah laku manusia.

Dalam proses komunikasi interpersoanal dan proses komunikasi pada umumnya akan terjadi hubungan antar pribadi dan hubungan kepentingan melalui pelibatan pikiran-perasaan yang dilatar belakangi pengetauan-pengalaman.

Tujuan komunikasi akan selalu berada dalam rangkaian proses perubahan sikap dan tingkah laku manusia. Dengan demikian untuk membangun keselarasan dan keseimbangan proses komunikasi, diperlukan pemahaman yang baik dan mendalam mengenai TFP Concept on Interpersonal Communication ini.

TFP Concept on Interpersonal Communication bisa dipandang sebagai dasar-dasar untuk dapat membangun keterampilan komunikasi yang sifatnya mendasar pula. Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan dasar yang akan melandasi kemampuan lain yang menuntut keterampilan komunikasi, seperti : Kepemimpinan, kerjasama, negosiasi, penjualan, Coaching-counseling, dan banyak lagi lainnya.




Tujuan dan Manfaat

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta dapat :
• Memahami dan menghayati peran dan pentingnya keterampilan komunikasi interpersonal
• Memahami prinsip-prinsip komunikasi termasuk dukungan komunikasi intrapersonal terhadap komunikasi interpersonal
• Mampu mengkomunikasikan gagasan dan perasaan
• Membangun keterampilan mendengarkan dan menanggapi
• Memahami tanggapan yang membantu
• Memahami tanggapan bermasalah
• Mampu membangun komunikasi yang bersifat persuasif
• Mampu bertindak asertif (tegas)


Metode Penyajian
Untuk menanamkan pemahaman dan penghayatan peserta, dan demi efektivitas pelaksanaan pelatihan, penyajian materi kami sampaikan dengan cara :
1. Pemaparan singkat konsep bahasan
2. Simulasi pemahaman perubahan sikap dan tingkah laku
3. Diskusi interaktif
4. Bermain peran (Role play)
5. Refleksi diri dalam perubahan sikap dan tingkah laku

7
Peserta

Setiap karyawan dari berbagai bidang pada setiap tingkatan yang harus melaksanakan komunikasi dalam memenuhi tuntutan kerjanya


Waktu Pelaksanaan
Pelatihan diselenggarakan selama 12 (dua belas) jam efektif dalam dua hari pertemuan.

Instruktur
Drs. Moch.Husni, MBA
Lulus di Fakultas Psikologi Unpad. Menyelesaikan program WM – LLPM dan program MBA – LPPM. Pernah sebagai pimpinan usaha dengan jabatan direktur pelaksana. Dalam aktivitas sebagai marketing manager telah mengembangkan dan memanfaatkan TFT Concept kebidang pekerjaan yang di emban, menyangkut Pemasaran, berhasil melaksanakan pembinaan dan pengembangan kepemimpinan bawahan langsung, mengembangkan kepemimpinan yang baik dan efektif melalui pembinaan intensif.

Sering sebagai penyelenggara pelatihan dan diskusi intensif, juga melaksanakan bimbingan dan pendampingan langsung dalam penerapan TFP Concept di berbagai bidang, memiliki keberanian yang terarah dalam melalui pelaksanaan pendampingan.


Penyelenggara

PRIMA CONSULTING GROUP
Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037
E-mail : primaaut@cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com


Jadwal


Hari Pertama
Sesi 1
09.00 – 10.30 Bagaimana keterampilan komunikasi anda
- Prinsip-prinsip komunikasi
- Dua macam hubungan dalam komunikasi
- Peran pikiran-perasaan, pengetahuan-pengalaman
10.30 – 10.45 Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Lima tingkat kedalaman komunikasi
- Mengkomunikasikan gagasan dan perasaan
- Menyingkap diri
- Menguraikan perasaan
- Meminta dan menyampaikan umpan balik
12.15 -13.15 Istirahat
Sesi 3
13.15 – 14.45 Proses dan tahapan perubahan sikap
- Tujuan komunikasi dan tahapan perubahan sikap
- Tuntutan tahapan perubahan sikap
14.45 -15.00 Break
Sesi 4
15.00 – 16.30 Pemenuhan tuntutan tahapan perubahan sikap
- Menarik perhatian dan menimbulkan minat
- Membangun pemahaman dalam diri orang dihadapi
- Membangun keyakinan dalam diri orang dihadapi
Hari Kedua
Sesi 1
09.00 – 10.30 Mendengarkan dan menanggapi
- Mendengarkan yang efektif dan hambatannya
- Mengembangkan empati
- Mencari kejelasan/klarifikasi
- Bertanya dan paraphasing
10.30 – 10.45 Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Mendengarkan dan menanggapi (lanjutan)
- Tanggapan yang membantu
- Tanggapan bermasalah
12.15 -13.15 Istirahat
Sesi 3
13.15 – 14.45 Mengembangkan pengaruh dalam komunikasi
- Kekuasaan dan sumber-sumber kekuasaan
- Persuasif dalam komunikasi
- Bertindak asertif
14.45 -15.00 Break
Sesi 4
15.00 – 16.30 Mengelola konflik dalam hubungan interpersonal
15.00 Penutupan

No comments: