Wednesday, January 7, 2009

3 DAYS INTENSIVE WORKSHOP ON : “ CREDIT APPRAISAL AND IMPACTS OF IMPLEMENTATION PSAK 50/55 IN BANKING LOAN ADMINISTRATION ”


A. Latar Belakang

Bahwa penempatan dana perbankan yang merupakan salah satu bisnis terbesar di dalam operasional perbankan Indonesia, disamping pengumpulan dana dan jasa-jasa financial, adalah merupakan salah satu bisnis perbankan yang harus dikelola dengan hati-hati dan penuh dengan perhitungan. Karena kelalaian dan kesalahan dalam penempatan dana tersebut akan berakibat fatal, bukan saja terhadap sasaran pencapaian laba, bahkan bisa mengancam kelangsungan operasional bank itu sendiri.

Kemampuan unit bisnis dan khususnya para petugas di bidang perkreditan yang merupakan sektor terbesar dalam penempatan dana perbankan sudah selayaknya ditempati oleh para petugas dan pejabat yang mengerti akan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu pelatihan, workshop, penyegaran dan sejenisnya mutlak untuk dapat di ikuti secara berkala oleh para petugas tersebut sebagai bagian dari kepedulian manajemen untuk terus-menerus memberikan ilmu-ilmu dan perkembangan permasalahan di bidang analisis, monitoring, dan juga hal-hal lain yang terkait dengan bidang operasional perkreditan bank.

Selain hal tersebut, sebagai pelaksana operasional perkreditan bank yang selalu menjadi obyek pemeriksaan Bank Indonesia untuk memastikan tingkat kesehatan operasi perkreditan juga perlu kiranya para petugas perkreditan memahami hal-hal apa saja yang menjadi focus perhatian Bank Indonesia dalam melakukan pemeriksaan terhadap portfolio dan manajemen perkreditan agar kiranya sejak awal dapat dipersiapkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah masalah administrasi dan pencatatan di bidang perkreditan sehubungan dengan segera akan diberlakukannya PSAK 50/55 yang menyangkut Penyajian, Pengungkapan (PSAK 50) serta Pengakuan dan Pengukuran (PSAK 55) terhadap Instrumen keuangan.

Workshop ini dipersiapkan oleh Prima Consulting Group dengan harapan dapat diikuti oleh para pejabat dan petugas perkreditan seluruh perbankan di Indonesia dengan tujuan selain dapat memberikan kunci-kunci pokok dan masalah actual yang terjadi dan harus diperhatikan di bidang analisis kredit, juga dapat memahami dengan lebih baik perihal pengawasan Bank Indonesia dan persiapan pelaksanaan PSAK 50/55 di bidang akuntansi portfolio kredit yang akan segera diberlakukan.


B. Peserta :

Workshop ini baik di ikuti oleh unit bisnis yang biasanya disebut dengan Unit / Tim Analisis Kredit, Administrasi Kredit, Pengawasan Kredit, dan juga bidang Monitoring serta Penyelesaian Kredit, dan unit kerja Risk Management Credit dan Compliance. Satu dan lain, karena selain workshop ini akan membahas Manajemen Risiko secara umum dan Manajemen Risiko Kredit secara khususnya, juga akan membahas Pokok-pokok Pengawasan Bank Indonesia terhadap Manajemen dan Pelaksanaan Operasi Perkreditan Bank. Selain itu akan memperkenalkan serta membahas administrasi dan pencatatan intrumen keuangan sehubungan dengan akan segera diberlakukannya PSAK 50/55 di lingkungan perbankan.

C. Jadwal Acara dan Materi :

Seluruh materi akan dibawakan dalam Bahasa Indonesia oleh para instruktur yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan cara penjelasan / presentasi, tanya jawab dan diskusi serta pemberian contoh-contoh aktual, dengan materi dan jadwal acara sebagai berikut:


DAY 1
08.50 – 09.00 Opening Speech from Chairman Prima Consulting Group
09.00 – 10.30 Overview Risk Management in Banking, By Ir. I J Anwar, MBA, State Bank Risk Management Group
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 12.15 Credit Risk Management Overview, By Ir. I J Anwar, MBA
12.15 – 13.30 Lunch Break
13.30 – 14.45 Keys in Non Financial Credit Analysis, By Sumardi Sulaeman, SE., MM., President Director Prima Consulting Group
14.45 – 15.00 Coffee Break
15.00 – 16.30 Continuing Previous Session


DAY 2

08.30 – 10.00 Keys in Financial Statement Analysis (Past Performance Analysis), By Sumardi Sulaeman
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 11.45 Using Financial Projection to Make Effective Loan Decisions, By Sumardi Sulaeman
11.45 – 13.00 Lunch Break
13.00 – 14.15 Points to Be Noted in Composing Credit Memorandum & Monitoring Credit Portfolio, By Sumardi Sulaeman
14.15 – 14.30 Coffee Break
14.30 – 17.00 Bank Indonesia Supervision Overview on Portfolio and Credit Management, By Bank Indonesia Banking Supervision Officer


DAY 3
08.30 – 11.00 PSAK 50/55 Overview on Credit Portfolio in Banking, By Setiawan Kriswanto, Ak., MM, Audit Committee Private Bank & Humpuss Intermoda Transportation, Tbk.



D. Pelaksanaan dan tempat Acara Workshop :

Waktu Pelaksanaan : Rabu s/d Jum’at, tanggal 28 s/d 30 Januari 2009
Tempat Acara : Hotel Millennium Sirih, Jl. H.R Fachrudin No. 3,
Tanah Abang - Jakarta Pusat.

SYARAT RESERVASI :

Untuk keterangan lebih lanjut perihal pelaksanaan dan acara workshop dapat ditanyakan kepada Sdri. Rahma dan Sdri. Upie, melalui Handphone pada nomor masing-masing: 08159927946 dan 087888129954.

No comments: