Monday, January 26, 2009

TRAINING TFP (Thinking-Feeling Processing ) on SELLING (PROFESSIONAL PERSONAL SELLING)


TRAINING
TFP (Thinking-Feeling Processing ) on SELLING
(PROFESSIONAL PERSONAL SELLING)


Latar Belakang

Proses pemecahan masalah, akan selalu dilaksanakan dengan memanfaatkan pikiran-perasaan. Pemanfaatan pikiran-perasaan yang berfungsi sebagai pengolah masalah, akan selalu dilandasi dan memanfaatkan pengetahuan–pengalaman yang bersangkutan. Inilah yang kami maksud dengan TFP (Thinking-Feeling Processing) di atas.

• TFP (Thinking-Feeling Processing) akan berlangsung dalam diri tenaga penjual saat dirinya akan melaksanakan kegiatan penjualan.
• TFP (Thinking-Feeling Processing) dilaksanakan pula oleh pelanggan atau calon pelanggan dalam menentukan keputusan membeli atas apa yang ditawarkan.
• TFP on Selling menjelaskan proses berpikir yang lebih terarah dan lebih efektif dalam melaksanakan kegiatan menjual melalui pengarahan keputusan membeli dari pelanggan / calon pelanggan untuk meningkatkan hasil penjualan.
• TFP on Selling menjelaskan tahapan dan tuntutan proses perubahan sikap serta tingkah laku pelanggan / calon pelanggan dalam hubungannya dengan tuntutan setiap tahapan yang perlu dijadikan pegangan dalam proses penawaran.


Tujuan dan Manfaat
Melalui pelatihan TFP on Selling (Professional Personal Selling) ini, diharapkan para peserta dapat :
1. Merumuskan dasar orientasi dan pedoman dalam melaksanakan penjualan berdasarkan harapan akhir pelanggan dan atau calon pelanggan
2. Memahami kedudukan produk dalam rangkaian kepentingan pelanggan untuk menetapkan apa yang pelu diperhatikan.
3. Memahami tahapan proses perubahan sikap dan tingkah laku manusia untuk dijadikan pegangan dalam proses penawaran.
4. Memahami dan memenuhi tuntutan setiap tahap perubahan sikap dan tingkah laku pelanggan dalam mengarahkan pembuatan keputusan membeli.
5. Mengenal langkah-langkah penawaran bertahap untuk mendapatkan respon positif yang berkesinambungan.
6. Membangun sistematika penawaran yang lebih terarah berdasarkan tanggapan pelanggan atau calon pelanggan
7. Mengembangkan teknik penawaran dan langkah membangun keyakinan dalam diri pelanggan atau calon pelanggan.
8. Memelihara semangat dan motivasi dalam melaksanakan penjualan dengan segala tantangan yang ada.



Metode Penyajian
Untuk menanamkan pemahaman dan penghayatan peserta, dan demi efektivitas pelaksanaan pelatihan, penyajian materi kami sampaikan dengan cara :
1. Pemaparan singkat konsep bahasan
2. Simulasi pemahaman perubahan sikap dan tingkah laku
3. Diskusi interaktif
4. Bermain peran (Role play)
5. Refleksi diri menjadi tenaga penjualan yang professional


Catatan Materi Pelatihan
Konsep dasar materi pelatihan menyangkut proses perubahan dan pembentukan sikap dan tingkah laku manusia yang dapat diterap-kan dalam berbagai bidang tugas pekerjaan. Materi pelatihan bersifat original yang kami kembangkan atas dasar pengetahuan dan pengalaman yang kami miliki.

Peserta
Tenaga dalam jajaran penjualan yang berkeinginan meningkatkan keterampilan menjual dengan teknik yang lebih terarah dan selaras dengan proses perubahan sikap dan tingkah laku pelanggan atau calon pelanggan.

Waktu Pelaksanaan
Pelatihan diselenggarakan selama 12 (dua belas) jam efektif dalam dua hari pertemuan.

Instruktur

Drs. Moch.Husni, MBA
Lulus di Fakultas Psikologi Unpad. Menyelesaikan program WM – LLPM dan program MBA – LPPM. Pernah sebagai pimpinan usaha dengan jabatan direktur pelaksana. Dalam aktivitas sebagai marketing manager telah mengembangkan dan memanfaatkan TFT Concept kebidang pekerjaan yang di emban, menyangkut Pemasaran, berhasil melaksanakan pembinaan dan pengembangan kepemimpinan bawahan langsung, mengembangkan kepemimpinan yang baik dan efektif melalui pembinaan intensif.

Sering sebagai penyelenggara pelatihan dan diskusi intensif, juga melaksanakan bimbingan dan pendampingan langsung dalam penerapan TFP Concept di berbagai bidang, memiliki keberanian yang terarah dalam melalui pelaksanaan pendampingan.


Jadwal Acara



Hari Pertama
Sesi 1
09.00 – 10.30 Pencapaian tujuan, masalah dan penanganannya
- Tujuan : Lahirnya persoalan
- Persoalan : pedoman langkah pencapaian tujuan
- Tekad menjadi tenaga penjual yang professional
10.30 – 10.45 Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Menata dan mengembangan pola pikir
- Metode berpikir dalam penjualan
- Memahami proses dalam diri prospek
- Proses dan dinamika proses penjualan
- Proses dan dinamika proses pembelian
12.15 -13.15 Istirahat
Sesi 3
13.15 – 14.45 Peningkatan motivasi dalam penjualan
- Dinamika motif dan motivasi pelanggan
- Kedudukan produk dalam model dinamis motivasi
- Peningkatan prestasi kolektif
14.45 -15.00 Break
Sesi 4
15.00 – 16.30 Dasar orientasi penjual dan pembeli
- Memahami gaya menjual
- Pengukuran gaya menjual
- Kecenderungan gaya menjual
Hari Kedua
Sesi 1
09.00 – 10.30 Peran komunikasi dalam penjualan
- Membangun komunikasi yang seimbang
- Hubungan antar pribadi dan hubungan kepentingan
- Tuntutan proses perubahan sikap
10.30 – 10.45 Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Memahami kepentingan pelanggan
- Memahami alasan membeli
- Langkah pokok penjualan
- Membangun keyakinan pelanggan
12.15 -13.15 Istirahat
Sesi 3
13.15 – 14.45 Penetapan langkah trial close
- Memahami keberatan pelanggan
- Menangani keberatan pelanggan
14.45 -15.00 Break
Sesi 4
15.00 – 16.30 Dari tahap trial close ke closing
- Perencanaan penawaran
- Rangkuman
15.00 Penutupan

No comments: