Tuesday, March 30, 2010

WORKSHOP MENYUSUN CORPORATE PLAN DENGAN PENGEMBANGAN RENCANA STRATEGIK PERUSAHAAN YANG SISTEMATIK DAN EFEKTIF

Latar Belakang
Seminar dua hari ini memberikan petunjuk tata cara penyusunan corporate plan atau yang dikenal sebagai strategic planning perusahaan. Bagaimana membuat rumusan (formulasi), rencana penerapan (implementasi) dan evaluasi kebijakan lintas fungsional untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan visi dan misi yang diemban perusahaan.

Tantangan besar yang dihadapi perusahaan pada berbagai jenis dan ukuran saat ini serta lingkungan bisnis yang semakin kompleks yang menjadikan hal tersebut ancaman maupun peluang bagi perusahaan. Dalam situasi ini keputusan bisnis yang strategic diperlukan untuk mencapai masa depan serta posisi daya saing perusahaan yang diinginkan dalam jangka menengah (3 – 5 tahun) dan jangka panjang.

Keputusan strategik menjadi bagian penting dari tanggung jawab manajemen perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan dan persaingan.

Materi yang diberikan kepada peserta seminar ini meliputi: Pengembangan misi, visi, dan tujuan perusahaan seta garis garis besar analisa lingkungan; Pengamatan trend ekonomi makro 3 - 5 tahun kedepan; Analisa eksternal dan internal perusahaan; Analisa dan perumusan strategi perusahaan: Berbagai strategis tersedia, analisa dan pilihan ; Implementasi strategi strategi bidang fungsional perusahaan serta evaluasi dan pengendaliannya; serta persiapan yang diperlukan pada transisi dari perumusan ke implementasi strategy.


Tujuan
Seminar yang diselenggarakan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merumuskan rencana strategic perusahaan, implementasi, dan pengendaliannya dan memahami konsep-konsep yang mendasarinya.


Peserta
Seminar ini di desain untuk pimpinan perusahaan yang memerlukan pemahaman dan tambahan tentang corporate plan dan cara menyusunnya. Seminar ini juga bermanfaat untuk pejabat lain di perusahaan yang terlibat dalam penyusunan corporate plan baik pada tingkat bisnis maupun fungsional. Karena masalah ini masalah strategis seminar juga sangat bermanfaat bagi Komisaris, Direksi dan Kepala Divisi dan sejenisnya.

Waktu Pelaksanaan
Rencana penyelenggaraan Seminar tersebut adalah sebagai berikut :
Hari : Rabu & Kamis
Tanggal : 28 & 29 April 2010
Pukul : 08.30 - selesai
Tempat : Hotel RedTop
Jl. Pecenongan No. 72 , Jakarta Pusat


Jadwal Acara
Rabu, 28 April 2010
Sesi 1

09.00 – 10.30
Pengembangan Misi, Visi, dan Tujuan Perusahaan serta kerangka corplan - Janpie Siahaan, SE, MBM (Dirut Multi Finance Swasta, Pengajar Fak. Ekonomi UI)

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2
10.45 – 12.15
Pengamatan Trend Ekonomi Makro 5 Tahun kedepan - DR. Aviliani (Komisaris Bank BRI, Direktur INDEF dan Pengamat Ekonomi & Perbankan)

12.15 – 13.15 Lunch
Sesi 3
13.15 – 14.45
Analisa External dan Internal Perusahaan - Aninda Sardjana, SE, MBA (Senior Consultant Prima Consulting Group, Mantan CEO Bank Swasta & Staf Pengajar Fak. Ekonomi UI) & Matrodji Mustafa, MBA, Ph.D. (Senior Consultant, Staf Pengajar FE UI & Mantan Pejabat Bank BUMN)

14.45 – 15.00 Coffee Break

Sesi 4

15.00 – 16.45
Analisa dan Perumusan Strategi Perusahaan : Berbagai Strategis yang tersedia, analisa dan pilihan - Aninda Sardjana, SE, MBA & Matrodji Mustafa, MBA, Ph.D.

Kamis, 29 April 2010
Sesi 1
09.00 – 10.30
Perumusan strategi-strategi Bidang Fungsional Perusahaan Serta Evaluasi dan Pengendaliannya Aninda Sardjana, SE, MBA & Matrodji Mustafa, MBA, Ph.D.

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2
10.45 – 12.15
Persiapan yang Diperlukan pada Transisi dari Perumusan ke Implementasi Strategy - Drs. Noor Ilham (Mantan Eksekutif & Komisaris Utama Bank BUMN)

12.15 Penutupan dilanjutkan makan siang

Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie Hp.No: 087887129954

No comments: