Monday, March 8, 2010

WORKSHOP PEMBEKALAN PEGAWAI MENJELANG PURNABHAKTI




Latar Belakang

Anggapan bahwa “habis manis sepah dibuang” bagi orang yang akan memasuki masa purnabhakti seringkali muncul, padahal karyawan yang akan menjalani masa pensiun adalah tenaga-tenaga yang sedang dalam puncak kematangan psikologis serta kaya akan pengalaman. Apabila potensi ini dapat dibangkitkan maka masa pensiun akan menjadi kehidupan yang menyenangkan untuk memulai kehidupan baru. Rencana dan keinginan untuk mencipta, berkarya atau mengelola sesuatu yang belum sempat diwujudkan dapat segera direlisasi. Namun kalau tidak ada persiapan mental dan bekal yang memadai maka kehidupan setelah pensiun bisa menjadi awal penyebab ketidakharmonisan rumah tangga serta makin menurunnya mental dan kesehatan.

Tanggung jawab moril dan ungkapan terima kasih perusahaan terhadap karyawan yang akan segera memasuki purnabhakti maka perlu dilakukan dengan melakukan persiapan-persiapan yang baik. Bentuk persiapan tersebut antara lain memberi bimbingan dan masukan melalui workshop ini.

Workshop ini ditujukan bagi mereka yang menghadapi purnabakti karena usia, maupun purnbakti karena alasan lainnya, seperti perubahan organisasi maupun alasan lainnya. Perubahan karir merupakan suatu kenyataan pasti dari setiap orang pada saatnya, karenanya persiapannya memerlukan pemahaman yang baik.


Tujuan
Memberi bekal Pengetahuan, Psikologis, Spiritual, Fisik / Kesehatan dan Kewirausahaan yang dipadu dalam satu kurikulum pembelajaran serta kunjungan ke tempat praktek usaha sedemikian rupa sehingga para pegawai yang akan memasuki masa pensiun dapat menjalani pensiun dengan mantap, tetap semangat, produktif, sehat dan bugar.


Sasaran
 Memberi bekal persiapan dan menambah wawasan, pengetahuan bagi karyawan yang akan pensiun tentang berbagai alternatif usaha yang mungkin dapat dikembangkan atau pekerjaan yang bersifat second career
 Mendapatkan informasi dari sumber yang kredibel perihal perubahan mental dari seorang pegawai menjadi wiraswasta, manajemen keuangan setelah pensiun serta contoh kegagalan dan keberhasilan dalam bisnis.
 Meningkatkan citra positif perusahaan dimata karyawan (baik yang masih aktif maupun yang mau pensiun) dan masyarakat.


Peserta

 Peserta yang disarankan adalah mereka yang akan menghadapi masa purnabhakti baik karena usia maupun karena reorganisasi perusahaan
 Peserta disarankan pasangan suami istri, dengan pertimbangan bekal psikologis dan informasi serta kiat-kiat wirausaha akan efektif diserap untuk bekal menjalani hidup bersama di masa depan. Lembaran kehidupan baru yang ideal bagi pasangan suami istri sangat mungkin tercipta dibanding jika hanya diikuti oleh suami atau istrinya saja.


Instruktur
Instruktur berasal dari kalangan praktisi di lapangan dari berbagai disiplin ilmu, meliputi: Bidang Psikologi, Dokter Kesehatan & Olah Raga, Keagamaan, Budaya, Perbankan, Pasar Modal, Ahli Gizi, Pelaku Usaha di Sektor Perdagangan, Franchising, Pertanian, Industri Kerumahtanggaan, dan lain-lain.


Cara Penyampaian
Kuliah Klasikal, diskusi, studi kasus, share pengalaman, kunjungan ke obyek ke tempat bisnis, Pusat Pelatihan Pertanian Terpadu Karya Nyata di Desa Cinagara Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, tentang berbagai jenis usaha.

Waktu Pelaksanaan
Hari : Selasa, Rabu & Kamis
Tanggal : 6 , 7, 8 April 2010
Pukul : 08.30 - 16.00 WIB
Tempat : Hotel RedTop
Jl. Pecenongan No. 72, Jakarta Pusat


Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upik, Hp.No: 087887129954

No comments: