Thursday, December 10, 2009

Workshop Series KIAT MENINGKATKAN VOLUME TRANSAKSI BANK DEVISA GUNA MENINGKATKAN PERFORMANCE BANK

Latar Belakang

Menjadi bank devisa nampaknya adalah suatu pilihan yang tepat untuk meningkatkan performance suatu bank. Namun demikian, apakah benar bank-bank yang semula bank non devisa sudah mampu memanfaatkan peluang ini setelah dia menjadi devisa ? Apakah benar bank-bank devisa yang sudah sekian lama menjadi bank devisa telah secara optimal menggunakan kesempatannya secara baik ? Masih kita bisa lihat beberapa bank yang sudah memperoleh status sebagai bank devisa namun belum juga ada transaksi devisanya yang siginifikan. Apakah sebaiknya semua bank non devisa segera menjadi bank devisa saja ? Atau apakah malah sebaliknya tidak perlu menjadi devisa ? Bukankah risiko menjadi bank devisa itu menjadi bertambah besar, sehingga mengakibatkan risiko kerugian pun menjadi besar pula ?
Demikianlah, begitu banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kita. Kalau memang benar menjadi bank devisa itu baik, bagaimana seharusnya memanfaatkan peluang ini, sehingga benar-benar meraih kesuksesan yang diharapkan.

Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan sebuah bank umum non devisa akan menjadi bank devisa dengan perolehan izin dari pihak Bank Indonesia. Segala persiapan, baik peralatan, sistem dan prosedur, buku pedoman kerja/manual, teknologi, infrastruktur lainnya, sumber daya manusia yang terbatas, networking dengan bank koresponden, membangun hubungan dengan nasabah-nasabah devisa, semuanya harus dibangun. Membangun dan mengkoordinasikan hal-hal seperti ini bukanlah hal mudah. Praktik saling bajak SDM maupun nasabah antar bank devisa menjadi satu hal yang biasa. Tentunya hal ini adalah tidak baik dan berpotensi untuk merugikan bank.

Sangat disayangkan bila sebuah bank sudah menjadi bank devisa tetapi kurang dapat memanfaatkan status tersebut. Padahal dengan meningkatkan aktivitas sebagai bank devisa yang sungguh banyak mendatangkan keuntungan bagi bank yang bersangkutan.

Sebagaimana dimaklumi bahwa kegiatan bank devisa yang tidak dapat dilakukan oleh bank umum non devisa adalah transaksi ekspor-impor, transaksi jasa-jasa (remittance) seperti; (transfer, jual beli wesel, jual beli traveler cheque, jual beli uang kertas asing) dan kredit serta penghimpunan dana dalam valuta asing.

Transaksi-transaksi tersebut, disamping mendatangkan pendapatan berupa komisi, juga selisih kurs yang jumlahnya sangat signifikan. Setiap terjadi transaksi dibidang international banking mesti terjadi jual-beli, bank devisa mendapatkan pendapatan, ketika menjual valuta asing ke customer dan demikian juga mendapatkan pendapatan ketika membeli valuta asing dari customer.
Pendapatan itu adalah selisih kurs, yaitu selisih harga jual dan harga beli. Transaksi jual-beli yang memungkinkan diperoleh pendapatan berupa selisih kurs tersebut diperoleh di setiap transaksi baik ekspor-impor dan seluruh transaksi jasa (remittance) dalam valuta asing. Kami akan simulasikan seberapa signifikannya jumlah pendapatan yang diperoleh oleh suatu bank devisa dalam melaksanakan transaksi dibidang devisa (international banking).

Persoalannya adalah bagaimana meningkatkan volume transaksi, karena dengan meningkatnya volume transaksi akan meningkat jumlah pendapatan yang diperoleh. Teknik-teknik meningkatkan transaksi tersebut akan diberikan di dalam workshop yang akan kami selenggarakan dimaksud.

Tentu transaksi yang meningkat harus diiringi pula dengan ketramplilan mengelola transaksi tersebut agar terhindar dari risiko yang mungkin timbul dalam transaksi-transaksi devisa yang bersangkutan, karenanya workshop yang dilaksanakan dengan durasi 2 (dua) hari kerja ini juga termuat deteksi fraud dan solusinya serta risiko-risiko international banking transactions.

Workshop dipandu oleh tenaga ahli yang telah berpengalaman puluhan tahun dibidang tersebut, diantaranya kini masih aktif bertugas di bank kenamaan milik pemerintah, sebagai General Manager pemegang policy Settlement & Payment Division dan sebelumnya berpengalaman luas di bidang international banking.

Tujuan dan manfaat

Dengan mengikuti workshop ini diharapkan:
• Peserta memahami pengelolaan seluruh jenis-jenis transaksi devisa/international banking (Ekspor-Impor dan Jasa-jasa valuta asing (remittance).
• Peserta trampil melakukan langkah-langkah yang diperlukan didalam setiap transaksi bidang International Banking sesuai kaidah yang berlaku secara internasional.
• Peserta dapat mengerti trik-trik identifikasi dini risiko yang mungkin dihadapi dalam dokumen yang akan sebagai sarana transaksi internasional banking.
• Peserta sanggup mengambil keputusan apakah mengambil alih/ikut dalam suatu transaksi suatu dokumen atau tidak atas dasar identifikasi risiko.
• Peserta mampu mencari solusi atas dokumen yang bermasalah di dalam rangka transaksi international banking jika bersikap mengambil alih suatu dokumen.
• Peserta memahami tingkat risiko dan keuntungan dari setiap cara pembayaran menggunakan seluruh instrument international banking.
• Bagi bank yang sudah memeperoleh status devisa, bisa mereview lagi, apakah langkah-langkah pengelolaannya sebagai bank devisa sudah dilakukan dengan baik sehingga memberi kontribusi posistif pada banknya.
• Bagi bank yang belum devisa, diharapkan bisa mereview kembali langkah-langkah kedepan untuk menjadi devisa.
Pada akhirnya diharapkan volume transaksi valas meningkat dan jumlah pendapatan juga meningkat. Hal ini dilakukan dengan teknik-teknik meningkatkan transaksi tersebut akan diberikan di dalam workshop ini.

Peserta

1.BUMN, BUMD, BUMS yang bergerak di bidang DEVISA
2.Bank-bank Umum Non Devisa yang berniat untuk menjadi Bank Devisa
3.Bank-Bank Devisa baik BUMN, Bank pembangunan Daerah, dan Bank swasta dan Bank
Syariah dalam jabatan:
•Kepala Divisi International Banking
•Unit kerja International Banking
•Unit kerja SKAI (Satuan Kerja Audit Intern), Compliance dan Risk Management,
Operation, Treasury
•Unit kerja Marketing, Relationship Management
•System & Procedur
•Para Manager
•Staff yang akan ditempatkan pada unit kerja international banking, unit kerja
pengawasan intern dan akan dipromosikan menjadi manager


Waktu Pelaksanaan

Workshop 2 (dua) hari diselenggarakan pada:
Hari : Rabu dan Kamis
Tanggal : 20 & 21 Januari 2010
Waktu : Pukul 09.00 - 15.00 WIB
Tempat : Hotel Millenium Sirih
Jl. Fakhrudin, Jakarta Pusat


Jadwal

Rabu, 20 Januri 2010
08.30 – 08.45 Register Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting

Sesi 1/09.00 – 10.30
• Prospek Bank Devisa
• Transaksi unggulan Bank Devisa - Triyana,Kepala Divisi Bank BUMN

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2/10.45 – 12.15
• Kiat meningkatkan transaksi international banking
• Deteksi & solusi fraud transaksi international banking - Triyana, Kepala Divisi
Bank BUMN

12.15 – 13.15 Lunch

Sesi 3/13.15 – 14.45
Jenis Transaksi International Banking :Ekspor, meliputi cara pembayaran dan penyelesaian pembayarannya - Drs. H.M. Syarif Arbi,MM, Senior Consultant, Expert di bidang Eksport Import, Pengarang Buku Perdaganan Luar Negeri Seri Eksport & Import, Bank dan Lembaga Keuangan

Kamis, 21 Januari 2010
Sesi 1/09.00 – 10.30
Lanjutan ......
Jenis International Banking: Impor, cara pembiayaan dan penyelesaian pembayaran Ekspor -Drs. H.M. Syarif Arbi,MM, Senior Consultant, Expert di bidang Eksport Import, Pengarang Buku Perdaganan Luar Negeri Seri Eksport & Import, Bank dan Lembaga Keuangan

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2/10.45 – 12.15
Lanjutan ......
Jenis International Banking: Remittance dan pengelolaannya, Simulasi pendapatan transaksi international banking - Drs. H.M. Syarif Arbi,MM, Senior Consultant,Expert di bidang Eksport Import,Pengarang Buku Perdaganan Luar Negeri Seri Eksport & Import, Bank dan Lembaga Keuangan

12.15 – 13.15 Lunch

Sesi 3/13.15 – 14.45
Deteksi Risiko transaksi International : Risk control by a bank, Country risk, Documentary risk - Drs. H.M. Syarif Arbi,MM, Senior Consultant, Expert di bidang Eksport Import, Pengarang Buku Perdaganan Luar Negeri Seri Eksport & Import, Bank dan Lembaga Keuangan

14.45 - 15.00 Penutupan


Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upik, Hp.No: 087887129954

No comments: