Thursday, December 10, 2009

3 DAYS INTENSIVE WORKSHOP ON: “ COMPREHENSIVE CREDIT APPRAISAL COMPLY TO RISK AND COMPLIANCE OPINION AND BI SUPERVISION ON LOAN PORTFOLIO ”

Latar Belakang

Bahwa penempatan dana perbankan yang merupakan salah satu bisnis terbesar di dalam operasional perbankan Indonesia, adalah merupakan salah satu bisnis perbankan yang harus dikelola dengan hati-hati dan penuh dengan perhitungan. Karena kelalaian dan kesalahan dalam penempatan dana tersebut akan berakibat fatal, bukan saja terhadap sasaran pencapaian laba, bahkan bisa mengancam kelangsungan operasional bank itu sendiri.

Kemampuan unit bisnis dan khususnya para petugas terkait dengan bidang perkreditan yang merupakan sektor terbesar dalam penempatan dana perbankan sudah selayaknya ditempati oleh para petugas dan pejabat yang mengerti akan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu pelatihan, workshop, penyegaran dan sejenisnya mutlak untuk dapat di ikuti secara berkala oleh para petugas tersebut sebagai bagian dari kepedulian manajemen untuk terus-menerus memberikan ilmu-ilmu dan perkembangan permasalahan di bidang analisis, monitoring, dan juga hal-hal lain yang terkait dengan bidang operasional perkreditan bank.

Selain hal tersebut, sebagai pelaksana operasional perkreditan bank yang selalu menjadi obyek pemeriksaan Bank Indonesia untuk memastikan tingkat kesehatan operasi perkreditan juga perlu kiranya para petugas perkreditan memahami hal-hal apa saja yang menjadi focus perhatian Bank Indonesia dalam melakukan pemeriksaan terhadap portfolio dan manajemen perkreditan agar kiranya sejak awal dapat dipersiapkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Workshop ini dipersiapkan oleh Prima Consulting Group dengan harapan dapat diikuti oleh para pejabat dan petugas perkreditan Bank Umum di Indonesia dengan tujuan selain dapat memberikan kunci-kunci pokok dan masalah actual yang terjadi dan harus diperhatikan di bidang analisis kredit, juga kaitannya yang erat dengan masalah penelitian dan penyelenggaraan manajemen perkreditan yang sehat, antara lain terkait dengan ketentuan Know Your Costumer (KYC), Manajemen Risiko, Pendapat dan Evaluasi Compliance Group, juga dapat memahami dengan lebih baik perihal pengawasan Bank Indonesia tentang penyelenggaraan dan pelaksanaan Manajemen Perkreditan Bank Umum yang sehat.

Maksud dan Tujuan

Bagi para peserta yang mengikuti Workshop ini selain mendapat materi inti yang didiskusikan secara intensif, juga dapat berinteraksi dengan para peserta serta instruktur untuk saling bertukar pengalaman serta membangun networking diantara para pelaku. Adapun materi-materi yang secara khusus didiskusikan adalah perihal:

- Pelaksanaan Manajemen Risiko Bank dan Manajemen Risiko Kredit
- Tehnik-tehnik Analisis Kredit, termasuk di dalamnya mengenai pokok-pokok ketentuan
dan pelaksanaan KYC pada Analisis Kredit.
- Pendalaman dan sharing pengalaman perihal pendapat Compliance Group terhadap Memo
Usul Kredit.
- Point-point pokok Pemeriksaaan Bank Indonesia perihal Manajemen dan Monitoring
bidang perkreditan.

Peserta

Workshop ini baik untuk diikuti oleh unit bisnis dari Tim Analisis Kredit, Administrasi Kredit, Pengawasan Kredit, Monitoring Kredit, serta unit kerja Credit Risk Management dan Compliance Group. Satu dan lain, karena selain workshop ini akan membahas Manajemen Risiko secara umum dan Manajemen Risiko Kredit secara khususnya, diskusi dan pembahasan point-point penting dalam Analisis Kredit, juga akan membahas Pokok-pokok Pengawasan Bank Indonesia terhadap Manajemen dan Pelaksanaan Operasi Perkreditan Bank, serta pelaksanaan penelitian KYC di bidang oprasional perkreditan.

Pelaksanaan dan tempat Acara Workshop

Waktu Pelaksanaan: Rabu s/d Jum’at, tanggal 13 s/d 15 Januari 2010
Tempat Acara : Hotel Millennium Sirih, Jl. H.R Fachrudin No. 3,
Tanah Abang - Jakarta Pusat.


Jadwal Acara dan Materi

DAY 1
08.50 – 09.00 Opening Speech from Chairman Prima Consulting Group
09.00 – 10.30 Overview Risk Management in Banking, By Ir. I J Anwar, MBA, State
Bank Risk Management Group
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 12.15 Credit Risk Management Overview, By Ir. I J Anwar, MBA
12.15 – 13.30 Lunch Break
13.30 – 14.45 KYC Analysis for Credit Appraisal, By Yolanda Mochtar,
National/Foreign Bank Practioner
14.45 – 15.00 Coffee Break
15.00 – 16.30 Keys in Non Financial Credit Analysis, By Sumardi Sulaeman, SE.,
MM., President of Prima Consulting Group

DAY 2
08.30 – 10.00 Keys in Financial Statement Analysis (Past Performance Analysis),
By Sumardi Sulaeman
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 11.45 Using Financial Projection to Make Effective Loan Decisions,
By Sumardi Sulaeman
11.45 – 13.00 Lunch Break
13.00 – 14.15 Points to Be Noted in Composing Credit Memorandum & Monitoring
Credit Portfolio, By Sumardi Sulaeman
14.15 – 14.30 Coffee Break
14.30 – 17.00 Compliance Opinion Group to The Credit Analysis,
By Waluyo, SE., MBA, State Bank Compliance Group


DAY 3
08.30 – 11.00 Bank Indonesia Supervision Overview on Portfolio and Credit
Management, By Bank Indonesia Banking Supervision Officer


Untuk keterangan lebih lanjut perihal pelaksanaan dan acara workshop dapat ditanyakan kepada Sdri. Rahma dan Sdri. Upie pada nomor telepon diatas, atau melalui Handphone pada nomor masing-masing: 08159927946 dan 087887129954

No comments: