Thursday, March 15, 2012

WORKSHOP PROFESSIONAL ACCOUNT OFFICER



LATAR BELAKANG
Account Officer (AO) merupakan posisi kunci di Bank, AO terutama mengelola aktiva produktif seperti kredit bank, karena kredit adalah bagaikan darahnya Bank. Dia seharusnya bisa berlaku seperti businessman: paham akan untung rugi bisnis. AO adalah orang yang mewakili Bank untuk melakukan transaksi bisnis, dengan siapa, dan kapan harus menolak. Seorang AO seharusnya memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi. Dia juga harus bebas dari conflict of interest, agar keputusan menjadi fair dan obyektif. AO juga dituntut harus pro aktif, bukan reaktif, memantau kredit menjadi kunci sukses. Pemantauan meliputi asumsi pemberian kredit dan perkembangan lingkungan. Hubungan dengan debitur selalu dipelihara dengan baik, sampai dengan kredit lunasnya lunas. AO juga selalu mencari peluang side business dengan debitur agar tercapai total relationship yang optimal
Kecakapan seorang AO merupakan kunci keberhasilan sebuah bank dalam mengembangkan bisnisnya, maka AO dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang pembiayaan, pendanaan dan fee based income, produk bank dan operasional transaksi dengan baik.
Bisnis utama Bank adalah memberi kredit sebagai aktiva produktif yang dananya berasal dari pihak ketiga, maka Bank mengharapkan dana yang diberikan akan kembali setelah jangka waktu tertentu.
Bank harus selalu mempertimbangkan risiko dalam batas yang mampu ditolerir Bank, karena pengembalian kredit tidak berubah dengan tingginya laba yang diperoleh perusahaan debitur.

TUJUAN
Untuk mempersiapkan karyawan bank menjadi Account Officer yang memiliki kompetensi yang memadai untuk mengelola nasabah-nasabah kredit dan komersial (UKM), pendanaan maupun fee based sehingga menjadi nasabah yang baik bisnisnya, berkembang dan memberi kontribusi yang semakin meningkat pada profitabilitas bank.

Setelah berakhirnya pelatihan ini, maka diharapkan para peserta pelatihan akan memiliki kompetensi dasar dan memadai untuk mengelola nasabah, yaitu dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut :

1.       Memahami dengan baik peranan Account Officer sebagai ujung tombak bank (business unit bank) dalam memberi pelayanan kepada nasabah, mengembangkan bisnis bank, dan mencapai sasaran komersial dari cabang bank
2.       Memahami cakupan kompetensi yang diperlukan untuk menjalankan tugas sebagai Account Officer Bank
3.         Memahami strategi pemasaran dan bagaimana mengetahui size pasar yang secara potensial dapat digarap dan bagaimana implementasinya dalam kegiatan pemasaran dari personal selling
4.         Mempertajam kompetensi dalam pemberian kredit, proses inisiasinya, account managementnya dan risk managementnya
5.         Mempertajam kompetensi mengenai financial statement analysis
6.         Memperdalam pengetahuan dan ketrampilan melakukan collateral appraisal dan valuation
7.         Memperdalam pengetahuan mengenai aspek legal dalam perkreditan
8.  memperdalam pengetahuan mengenai produk produk pendanaan dan bagaimana cara mengemasnya menjadi produk yang menarik
9.         Memperdalam pengetahuan mengenai produk produk fee based
10.      Mengasah kemampuan business communication dan presentation skills
11.      Meningkatkan kemampuan menjual secara efektif

                                 
MATERI

1.    Fungsi, Tugas dan Peran Account Officer
2.    Produk Bank dan Fee Based Income

3.   Kredit :
Aspek Sosial
Pembahasan ditujukan pada hal-hal :
·         Penyerapan tenaga kerja lokal (sekitar pabrik/tempat usaha)
·         Keberadaan aktivitas serikat kerja
·         Dampak pada kegiatan ekonomi setempat dengan keberadaan usaha debitur.
·         Analisa dampak lingkungan yang ditimbulkan dengan keberadaan usaha (kawasan perumahan penduduk)
4.   Aspek Pemasaran
Pembahasan ditujukan kepada hal-hal :
  • Prospek pemasaran hasil produksi
  • Persaingan usaha produk sejenis
  • Gambaran kebutuhan dan permintaan konsumen (trend)
  • Fluktuasi harga dalam & luar negeri
  • Kebijakan stock (LIFO, FIFO)
  • Strategy pemasaran (target konsumen, delivery, distribusi)
  • Sistem pembayaran (berapa % penjualan kredit & berapa % penjualan tunai) dan jangka waktu pembayaran pembelian bahan baku
5.   Aspek Keuangan
Penelitian dan penilaian keadaan keuangan sebelum dan sesudah kredit diberikan,        yang perlu diperhatikan :
  • Kewajaran laporan keuangan (audited/non audited), dibuat rekanan/non rekanan.
  • Perhatikan komposisi keuangan (piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang jk pendek/panjang/hubungan khusus)
  • Perhatikan Kewajiban debitur
  • Perhitungan ratio-ratio sesuai standar kesehatan usaha sejenis (cenderung naik/turun)
  • Kalkulasi perhitungan harga pokok produksi dan kecenderungan (naik/turun) terkait dengan perubahan harga bahan baku.
  • Perhitungan harga jual lama/baru berikut  proyeksi/fluktuasi harga.
  • Perkiraan penjualan dan laba
  • Perhitungan TC (a.d lap. Keuangan dengan kenyataan cash to cash perhatikan kewajarannya.
  • Jadual penarikan sesuai dengan kebutuhan modal kerja  dan bandingkan dengan TC.
  • Laporan keuangan 2-3 tahun analisa trend sebelum/sesudah kredit diberikan.
  • Jangka waktu pembayaran pembelian bahan baku
6.   Aspek Teknis
Prinsip suatu usaha adalah penyatuan modal, tenaga kerja, bahan baku, yg perlu diperhatikan :
  • Lokasi usaha/pabrik
  • Luas areal (kawasan terlarang atau kawasan industri),
  • Arus barang modal dan kapasitas produksi
  • Tenaga kerja (komposisi, cara memperoleh, keahlian tenaga ahli, struktur upah, jaminan sosial, pelatihan, penggunaan tenaga kerja sekitar lokasi usaha).
  • Pengadaan bahan baku (jenis, sumber, cara pengadaan, jumlah besar/kecil, waktu pengiriman, penyimpanan, sistem pembayaran)
7.   Aspek Ekonomi
  • Dampak positif/negatif dari kebijakan pemerintah (PP, Keppres, PERDA, UU)
  • Dampak posistif/negatif sistem perdagangan produk (ekspor/lokal)
  • Produk/jasa yang diperdagangkan tidak merugikan masyarakat
  • Tidak masuk dalam daftar barang/produk yang dilarang
  • Dampak krisis global atau fluktuasi nilai tukar atau perubahan-perubahan harga Minyak Bumi, Pertambangan, komoditas.
8.   Aspek Management
  • Bentuk/sifat organisasi (Tbk, PT biasa, kewenangan, tanggung jawab dan pengurus)
  • Kemampuan & reputasi pengurus & pengalaman dibidangnya & latar belakng & pendidikan 
  • Karakter pengurus perusahaan
9.   Aspek Agunan
  • Agunan non fixed asset (stock ) sesuai dengan kondisi riil dan kewajaran harga serta stock terdiri barang lama/baru).
  • Agunan Fixed asset (tanah/bangunan, mesin, status, lokasi dan nilai taksasi).
  • Legalitas sertifikat yang akan diagunkan (dapat diikat yuridis sempurna) .
  • Masa laku SHGB, SHGU
  • Umur agunan (mesin) atau kendaraan
  • Invoice mesin diserahkan ke Bank Mandiri
  • Perhatikan agunan (SHGB/SHGU) yang masa lakunya kurang dari 3 tahun, kaitkan dengan jangka waktu kredit. (syaratkan untuk diperpanjang)
10.Aspek Legal
  • Status hukum perusahaan  (badan hukum/badan usaha atau perorangan)
  • Kapasitas yuridis perusahaan & pengurus
  • Akta pendirian/perubahan
  • Perijinan/legalitas usaha terkait dengan usaha yang dijalankan
  • Pembatasan/pemegang kewenangan dalam perusahaan

PESERTA
Para Account Officer baru dan yang telah berpengalaman s/d 5 tahun, para karyawan pimpinan yang akan dirotasi dari bagian lain dan mendapat tugas baru sebagai account officer, serta siapapun yang berminat mendalami persyaratan kompetensi account officer

INSTRUKTUR
Team Prima Consulting, berpengalaman luas di dunia perbankan.

JADUAL
Hari Pertama
Sesi 1
08.30 – 10.00

Fungsi, Tugas dan Peran Account Officer

10.00 – 10.15
Coffee Break
Sesi 2
10.15 – 11.45

Produk Bank dan Fee Based Income

11.45 -12.45
Lunch
Sesi 3
12.45 – 14.15

Credit Process
Aspek Sosial dan
Aspek Pemasaran

14.15 – 14.30
Break

Sesi 4
14.30 – 16.00

Analisa Kredit
Aspek Agunan dan Legal

Hari Kedua
Sesi 1
08.30 – 10.00

Analisa Kredit
Aspek Teknis dan Aspek Ekonomi

10.00 – 10.15
Coffee Break
Sesi 2
10.15 – 11.45

Analisa Kredit
Aspek Management, Aspek Keuangan

11.45 -12.45
Lunch

Sesi 3
12.45 – 14.15

Analisa Kredit
Aspek Keuangan

 Sesi 4
4.15 – 14.30

Analisa Kredit
Aspek Keuangan




PENYELENGGARA
Prima Consulting Group
Jl Burung Gereja SH No. 16 Bintaro Jaya Sektor 2, Jakarta Selatan 15412
Telp : 021-7351946, 021-32025258 Fax 021-7351946
Email consulting.prima@yahoo.com

No comments: