1.Pelatihan Manajemen Assets
Dasar Pemikiran
Assets pada dasarnya adalah modal operasional, oleh karena itu perlu dikelola dengan baik
Sasaran dan Manfaat
Sasarannya adalah agar pengelolaannya memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan / organisasi
Materi
Dasar–dasar manajemen dan pengertian manajemen Assets
Manajemen Assets yang likid.
Manajemen Fixed Assets
Manajemen Assets yang tidak berwujud
Manajemen SDM sebagai intellectual assets.
Person In Charge
Tosman SE.Akt.MA
2.Konsep TQC – QCC
Dasar Pemikiran
Industri Jepang menjadi sangat maju karena antara lain menerapkan konsep TQC- QCC yang merupakan upaya penyempurnaan manajemen yang terus menerus. Konsep TQC – QCC ini sangat cocok dilaksanakan juga dalam budaya Indonesia sebagai budaya musya-warah untuk mufakat / budaya konsensus
Sasaran dan Manfaat
Suatu organisasi business mestinya juga adalah suatu organisasi yang hidup dan berkembang kearah yang lebih baik dan lebih baik lagi secara terus menerus. Oleh karena itu penerapan konsep TQC–QCC ini sangat mendukung upaya pe-ngembangan usaha/ bisnis yang terus menerus/sustainable
Materi
Sejarah TQC – QCC
Konsep dasar TQC-QCC
Cara implementasi TQC – QCC
Role Play TQC – QCC
Teknik pengawasan keberhasilan TQC – QCC
Person In Charge
Tosman SE.Akt.MA
3.Manajemen Uang Kas dan Bank yang efisen dan efektif
Dasar Pemikiran
Uang di Kas dan di Bank adalah salah satu urat nadi perusahaan. Kelangkaan uang di Kas dan di Bank dapat membahayakan kelangsungan usaha. Oleh karena itu pengetahuan pengelolaan uang di Kas dan di Bank secara baik dan benar perlu dipalajari dan di laksanakan.
Sasaran dan Manfaat
Sasarannya adalah agar para pemegang Kas / Bendaharanawan/Keuangan mengetahui bagaimana mengelola uang di Kas dan di Bank secara baik dan benar agar tidak terjebak dalam kelangkaan uang di Kas dan atau di Bank.
Materi
Pengertian likiditas dan solvabilitas
Bagaimana membuat dan mengatur Cash Flow yang baik
Pengertian miss match dan cara penanggulangannya
Praktik membuat Cash Flow Projection dan tindakan contingency
Bagaimana “memarkir” likiditas pada saat overlikid secara kreatif
Person In Charge
Endang Istiyanti SE.Akt.
4.Pelatihan menjadi instruktur/pengajar yang baik
Dasar Pemikiran
Seorang atasan di kantor mestinya juga adalah seorang instruktur yang baik.
Seorang atasan yang akan mememasuki masa pensiun bilamana dia akan membaktikan dirinya sebagai instruktur / widyaiswara perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu.
Sasaran dan Manfaat
Sasarannya adalah agar para calon instruktur / calon pengajar mengenal cara – cara yang baik yang perlu dipersiapkan agar dapat menjadi instruktur / pengajar yang baik.
Materi
Peran instruktur/ pengajar dalam me-nyampaikan paparan / materi ajarannya.
Hal–hal yang perlu dipersiapkan sebelum memberikan paparan / pelajaran
Prilaku yang baik dan yang tidak baik sewaktu memberikan paparan / pelajaran
Test keberhasilan
Person In Charge
Tosman SE.Akt.MA
5.Manajemen SDM bagi pemula
Dasar Pemikiran
Bagi seorang supervisor pemula akan canggung dalam bertindak dan mengendalikan bawahannya. Apalagi bagi pemula yang langsung memegang manajemen SDM.
Sasaran dan Manfaat
Sasaran pelatihan ini adalah untuk mengantarkan para pemula ke-arah yang benar dalam membawahi para bawahannya sehingga tidak ada rasa kecanggungan dan justru organisasi akan menjadi lebih produktif dan berhasil.
Materi
Menjelaskan fungsi atasan dan bawahan dalam organisasi
Cara berkomunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.
Efektif professional manajer leader
Role play manajemen SDM
Person In Charge
T.Chairul Wisal
6.Keterampilan presentasi
Dasar Pemikiran
Seorang Staf dalam menyampaikan ide-idenya dalam bentuk presentasi ataupun seorang atasan dalam menyampaikan gagasannya kepada bawahan dalam suatu pertemuan hendaknya dapat mencapai sasaran dengan baik. Demikian juga kalau seorang salesman mempresentasikan produknya agar menarik para calon pembeli
Sasaran dan Manfaat
Adapun sasaran dari pelatihan ini adalah agar seorang presentor dapat menyajikan bahan presentasinya dengan baik dan mencapai sasaran.
Materi
Tugas dan fungsi seorang presentor
Hal–hal perlu dipersiapkan sebelum melakukan presentasi
Hal–hal yang tidak boleh terjadi dalam presentasi
Bagaimana memelihara hubungan dengan audience / pendengar
Melakukan tanya jawab dengan benar
Test keberhasilan
Person In Charge
Aninda Sardjana SE.,MBA
7.Keterampilan melakukan analisa kebutuhan pelatihan
Dasar Pemikiran
Pelatihan yang efisien dan efektif adalah yang berdasarkan analisa kebutuhan. Namun pada prakteknya pelatihan sering tidak dikaitkan dengan kebutuhan atau penetapan kebutuhan tidak akurat
Sasaran dan Manfaat
Adapun sasaran pelatihan ini adalah untuk membuat rencana pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga pelatihan menjadi efektif dan efisien.
Materi
Makna pelatihan yang efisien dan efektif.
Audit kompetensi dan hubungannya dengan dengan pemenuhan kebutuhan kompetensi melalui pelatihan yang akurat, efisien dan efektif.
Mendesaian jenis pelatihan atas dasar Audit Kompetensi
Pengujian pelatihan apakah sesuai dengan Kompetensi yang dibutuhkan
Person In Charge
Tosman SE.Akt.MA
8.Pelatihan pengujian nilai manfaat biaya, efisiensi biaya dan efektivitas biaya
Dasar Pemikiran
Biaya yang dikeluarkan seharusnya mempunyai nilai manfaat yang tinggi, efisien dan efektif
Sasaran dan Manfaat
Adapun sasaran pelatihan ini adalah untuk pengujian tingkat manfaat, efisiensi dan efektifitas setiap pos biaya yang dikeluarkan sehingga setiap biaya masih dalam batas ambang kewajaran.
Materi
Pengertian nilai manfaat, nilai efisiensi nilai efektifitas dan kewajaran pengeluaran biaya.
Penetapan standar biaya.
Penggunaan analisa variance sebagai salah satu perangkat pengujian nilai manfaat, efisiensi dan efektivitas pengeluaran biaya.
Person In Charge
Endang Istiyanti SE.Akt.
9.Pelatihan menangani rapat yang efisien dan efektif
Dasar Pemikiran
Adapun dasar pemikiran untuk pelatihan ini ialah agar rapat yang diadakan menjadi efisien dan efektif.
Sasaran dan Manfaat
Adapun dasar pemikiran untuk pelatihan ini ialah agar rapat yang diadakan menjadi efisien dan efektif.
Materi
Penetapan tujuan rapat
Penetapan agenda pembicaraan yang efisien dan efektif
Penetapan sekretaris rapat, tugas dan fungsi sekretaris rapat.
Protokoler dalam rapat
Menangani ketepatan penggunaan waktu rapat
Menangani pembicara yang tidak kooperatif
Menangani peserta rapat yang tidak kooperatif
Membuat risalah rapat
Person In Charge
Aninda Sardjana SE.,MBA
10.Pelatihan menangani keluhan nasabah / pelanggan secara efektif
Dasar Pemikiran
Adapun dasar pemikiran pelatihan ini adalah agar nasabah / pelanggan merasa puas atas penanganan keluhannya, dan tidak meluas kearah yang lebih buruk
Sasaran dan Manfaat
Adapun sasarannya ada lah agar keluhan nasabah / pelanggan ditangani dengan baik dan memuaskan bagi nasabah/ pelanggan dan tidak berdampak buruk bagi perusahaan
Materi
Aplikasi Konsep Transactional Analisis dlm menangani keluhan nasabah/pelanggan
Aplikasi Konsep K.T / SAPADAPPAC dalam menangani keluhan nasabah / pelanggan
Role play menangani keluhan nasabah
Person In Charge
Tosman SE.Akt.MA
No comments:
Post a Comment