Tuesday, April 27, 2010

TRAINING TEKNIK PEMERIKSAAN KREDIT YANG EFEKTIF

Latar Belakang
Di dalam industri perbankan di Indonesia kegiatan dibidang kredit masih sangat dominan menentukan kelangsungan hidup bank yang bersangkutan. Lebih dari 70% keuntungan bank diperoleh berasal dari penghasilan bunga atau bagi hasil atas kredit atau pembiayaan yang diberikan kepada debitur atau pengguna pembiayaan. Oleh karena itu performance dari sebuah bank berbanding lurus dengan performance loan dari bank yang bersangkutan.

Performance loan, sangat ditentukan bagaimana proses pemberian kredit atau pembiayaan kepada nasabah. Dalam memproses pemberian kredit atau pembiayaan, mengawasi penggunaannya sampai kepada penyelesaiannya berbagai aspek sangat menentukan, seperti aspek financial, marketing, manajemen, hukum dll. Kegagalan kredit yang berakibat meningkatnya Non Performance Loan (NPL) sangat perlu dicegah, mengingat kesulitan yang terjadi bagi bank bisa mengganggu tingkat kesehatannya.
Salah satu upaya dini yang perlu dilakukan oleh Manajemen Bank dalam rangka memastikan bahwa proses perkreditan telah dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah menerapkan prinsip kehati-hatian adalah dengan selalu melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan aktivitas perkeditannya. Selain itu, hasil pemeriksaan pun dapat digunakan sebagai informasi kepada manajemen Bank sampai sejauh mana aspek pengendalian internal telah diimplementasikan dalam proses perkreditan, sehingga manajemen dapat mengambil langkah preventif dan korektf atas kelemahan yang ada.
Namun demikian, hasil pemeriksaan yang tidak akurat dan tidak komprehensif hasilnya justru akan kontra produktif dengan apa yang diinginkan oleh manajemen. Selain tidak efektif dan efisiennya biaya pemeriksaan, tentunya langkah mitigasi yang diambil oleh manajemen tidaklah tepat.
Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang menyeluruh bagi pemeriksa kredit ini, dari mulai penentuan obyek pemeriksaan, penentuan sampling, teknik pemeriksaan, teknik pelaporan dan monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaannya.
Bagi Auditee hal ini juga merupakan hal yang perlu dipahami agar sebelum terjadi sesuatu masalah dan sebelum menjadi temuan dari auditor, seharusnya para auditee memahaminya dan dapat mencegah terjadinya temuan-temuan yang negatif.


Materi
• Teknik dan Perangkat Pemeriksaan Perkreditan
• Titik Kritis Proses Pemberian Kredit
• Teknik Pemeriksaan Aspek Teknis – Analisa Kredit
• Teknik Pemeriksaan Aspek Teknis – Penilaian Jaminan
• Teknik Pemeriksaan Aspek Legal – Pengikatan Kredit
• Teknik Pemeriksaan Aspek Legal - Pengikatan Jaminan
• Teknik Pemeriksaan Aspek Operasional
• Teknik Pelaporan dan Monitoring


Tujuan dan Manfaat

Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta memahami dan menerapkan teknik pemeriksaan kredit secara menyeluruh sebagai penerapan konsep early warning system.

Waktu Pelaksanaan

Workshop 2 (dua) hari diselenggarakan pada:
Hari : Kamis & Jumat
Tanggal : 20 & 21 Mei 2010
Waktu ; Pukul 09.00 - 15.00 WIB
Tempat : Hotel Millenium Sirih
Jl. Fakhrudin No. 3, Jakarta Pusat

Peserta
Internal Audit (SKAI), Internal Control, Risk Management, Compliance, Divisi Kredit, Loan Admin, Legal, Credit Recovery, Credit Operation, Unit kerja terkait lainnya.

Metode
Pembahasan konsep, studi kasus, diskusi antar peserta, serta simulasi yang dipandu instruktur.

Pembicara / Fasilitator
Pelatihan ini difasilitasi oleh Instruktur/Fasilitator yang berpengalaman dibidang Pemeriksaan Kredit, Audit Control & Supervision, Restrukturisasi Kredit yang mengacu pada Peraturan Bank Indonesia.

Jadwal Acara
Kamis, 20 Mei 2010
08.30 – 08.45 Register Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting
Sesi 1
09.00 – 10.30 Teknik dan Perangkat Pemeriksaan Perkreditan
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Titik Kritis Proses Pemberian Kredit
12.15 – 13.15 Lunch
Sesi 3
13.15 – 15.00 Teknik Pemeriksaan Aspek Teknis – Analisa Kredit

Jumat, 21 Mei 2010

Sesi 1
09.00 – 10.30 Teknik Pemeriksaan Aspek Teknis – Penilaian Jaminan
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Teknik Pemeriksaan Aspek Legal – Pengikatan Kredit & Pengikatan Jaminan
12.15 – 13.15 Lunch
Sesi 3
13.15 – 14.45 Teknik Pemeriksaan Aspek Operasional, Pelaporan dan Monitoring
14.45 - 15.00 Penutupan

Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie, Hp.No: 087887129954

WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALITAS SEKRETARIS EKSEKUTIF

Latar Belakang
Pada zaman seperti sekarang ini Sekretaris merupakan suatu profesi yang tidak bisa dipandang remeh. Profesi ini memiliki masa depan cerah. Walaupun perkembangan teknologi semakin berkembang dan alat alat perkantoran canggih yang dapat menggantikan fungsi sekretaris terus diperkenalkan setiap saat, “sentuhan” tangan terampil dan buah pikiran cerdas seorang sekretaris tetap diperlukan sampai kapanpun.

Eksistensi dan fungsi sekretaris tidaklah sekedar pihak yang membantu pimpinan saja. Sekretaris saat ini merupakan subjek penting dalam sebuah perusahaan / organisasi.

Selain membantu kelancaran pelaksanaan tugas pimpinan, sekretaris juga bertindak sebagai duta perusahaan baik dalam berhubungan dengan klien perusahaan maupun dengan masyarakat umum yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan. Ketika berhadapan dengan klien, seorang sekretaris tidak hanya bertindak mewakili pribadinya, tetapi merupakan wakil perusahaan. Saat mengikuti kegiatan dengan klien, penampilan harus dijaga dengan benar, jangan sampai ketidakpantasan dalam berpenampilan akan menurunkan citra perusahaan.

Seorang Sekretaris Eksekutif hendaknya dapat menunjang aktifitas Pimpinan puncak organisasi karena peran Pimpinan sangat menentukan didalam kemajuan perusahaan dan pencapaian tujuan perusahaan.
Untuk itu Sekretaris Eksekutif perlu dibekali dengan pengetahuan :
• Undang undang Perseroan Terbatas tentang tugas dan wewenang Direksi & Komisaris
• Pengetahuan kesekretariatan
• Pengetahuan, pengorganisasian dan komunikasi karena fungsi Sekretaris yang
merupakan perantara antar pihak Direksi dengan pihak luar, maupun Direksi dengan
pejabat-pejabat intern.
• Pengetahuan mengenai masalah etika pergaulan karena para Eksekutif yang sering
melalui Sekretaris berhubungan dengan orang-orang yang penting didalam organisasi

Tujuan dan Manfaat
Untuk meningkatkan professionalitas Sekretaris Direksi, Komisaris dan Kadiv sehingga dapat membantu tugas tugas Direksi, Komisaris dan Kadiv didalam menjalankan perusahaan. Selain itu menambah wawasan serta pengetahuan sekretaris agar dapat menunjang kinerja profesionalnya.

Peserta
Untuk siapa workshop ini diperuntukkan :
Sekretaris Direksi, Sekretaris Dewan Komisaris, Sekretaris Kepala Divisi dan setingkat, serta pejabat pejabat didalam Biro Direksi dan pejabat dibawah Corporate Secretary pada Bank BUMN maupun Bank Swasta, BUMN, serta perusahaan swasta.

Waktu Pelaksanaan
Hari : Selasa & Rabu
Tanggal : 18 & 19 Mei 2010
Pukul : 08.30 - 16.00 WIB
Tempat : Hotel Lumire
Jl. Senen Raya No. 135, Jakarta

Jadwal
Selasa, 18 Mei 2010
08.30 – 08.45 Register Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan Oleh Chairman Prima Consulting
Sesi 1
09.00 – 10.30
Panduan Menjadi Sekretaris Profesional - Nani Nuraeni, S.Sos - Penulis & Staf Pengajar pada Akademi Sekretaris

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2
10.45 – 12.15
Tugas dan Wewenang Direksi dan Komisaris Sesuai dengan Undang Undang No. 40/2006 Sutito, SH, MH - Advokat/Auditor Hukum, Managing Partner SGS , Consulting Law Office, Mantan Corporate Secretary

12.15 – 13.15 Lunch

Sesi 3
13.15 – 14.45
Mempersiapkan Rapat Direksi dan Komisaris - Sutito, SH, MH

14.45 – 15.00 Coffee Break

Sesi 4
15.00 – 16.30
Komunikasi Efektif untuk Sekretaris Direksi dan Komisaris - Moch. Husni, S. Psi, MBA - Senior Consultant Psikologi & Komunikasi

Rabu, 19 Mei 2010
Sesi 1
09.00 – 10.30
Etika Pergaulan untuk Sekretaris Direksi dan Komisaris - Ir. Ellen Tendean - Senior Trainer pada John Robert Power

10.30 – 10.45 Coffee Break

Sesi 2
10.45 – 12.15
Diskusi : Sharing Pengalaman Menjadi Sekretaris Direksi dan Komisaris - Rina R. Saptadji - Ketua Badan Pengurus Ikatan Alumni Sekretaris Tarakanita, Sekretaris Direksi dari Perusahaan Terkemuka

12.15 – 13.15 Penutupan dilanjutkan makan siang

Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie, Hp.No: 087887129954