Wednesday, February 11, 2009

WORKSHOP MARKETING : STEP BY STEP




Undangan


WORKSHOP
MARKETING : STEP BY STEP



Latar Belakang
Krisis finansial global yang bergejolak dan berdampak keras juga terhadap marketing produk dan jasa perusahaan. Banyak perusahaan yang mengalami problem marketing sebagai akibat dari krisis ini. Untuk itu nampaknya kita tak boleh berdiam diri. Kita perlu menata dan mengevauasi kembali aplikasi marketing dalam perusahaan kita ditengah gejolak ekonomi ini.

Apapun jenis dan merek produk yang kita pasarkan, yang harus kita pengaruhi adalah manusia yang berkepentingan terhadap produk kita.

Marketers mengatakannya dengan sebutan pasar atau lebih tajam lagi dinyatakan sebagai pasar sasaran (target market).

Persoalan mendasar : Apanya dari pasar yang harus kita perhatikan dan kita pengaruhi ?

Sejalan dengan tugas pemasaran, yang harus kita pengaruhi adalah tingkah laku pasar melalui usaha yang selaras dengan proses perubahan dan pembentukan sikap dan tingkah laku pasar tersebut. Tanpa pemahaman yang baik mengenai proses perubahan dan pembentukan sikap dan tingkah laku pasar, kegiatan pemasaran yang kita rancang dan kita laksanakan bisa jadi bersifat trial & error. Bahkan bisa juga rancangan dan kegiatan pemasaran kita jadi melawan arus.

Dengan demikian, efisiensi dan efektivitas pemasaran yang kita laksanakan akan jadi kurang memadai. Akibatnya, penghamburan danapun tak terelakkan. Tentunya, hal ini sangat tidak diharapkan.

Tujuan dan Manfaat
Melalui diskusi intensif dan workshop TFP on Marketing (Marketing : Step by step) ini, diharapkan para peserta dapat :
• Merumuskan dasar orientasi bisnis dan pemasaran berdasarkan tujuan pasar sasaran sebagai bentuk proyeksi motif bawaan.
• Menggali potential customer’s insight untuk menetapkan positioning atas dasar tujuan pasar sasaran sebagai turunan motif bawaan pasar.
• Memahami kedudukan produk dalam rangkaian kepentingan pasar untuk mengenal ciri dan sifat bisnis yang dimasuki.
• Memahami kedudukan produk serta gambaran kepentingan pasar dalam dinamika motif dan motivasi pasar.
• Menguasai metode berpikir yang benar dan terarah dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pemasaran terpadu.
• Memahami dan memenuhi tuntutan setiap tahap perubahan sikap dan tingkah laku pasar dalam kaitannya dengan perancangan dan pelaksanaan kegiatan pemasaran terpadu.

Metode Penyajian
Untuk menanamkan pemahaman dan penghayatan peserta demi efektivitas pelaksanaan diskusi dan loka karya, penyajian materi kami sampaikan dengan cara :
1. Pemaparan singkat konsep bahasan
2. Diskusi intensif mengenai pokok bahasan
3. Loka karya (penerapan konsep) langkah demi langkah

Dengan demikian, para peserta dapat langsung memiliki keterampilan dalam perancangan dan pelaksanaan kegiatan pemasaran terpadu yang lebih efektif dan lebih efisien, untuk menjamin keunggulan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya.


Materi Pelatihan
Materi diskusi dan loka karya bersifat original yang kami kembangkan atas dasar pengetahuan dan pengalaman yang kami miliki.
Konsep dasar materi diskusi dan loka karya menyangkut kerangka pemahaman mengenai masalah sikap dan tingkah laku manusia yang diterapkan dalam bidang pemasaran.
Konsep dasar ini dapat dimanfaatkan untuk analisa dan pedoman dalam penyusunan iklan (TVComercial, Radio Spot dll.)


Peserta
jajaran pemasaran (marketing management, product management, distribution/sales management), customer service, customer handling.


Waktu Pelaksanaan

Hari : Kamis & Jumat
Tanggal : 12 & 13 Maret 2009
Pukul : 08.30 - 16.00 WIB
Tempat : Hotel Millenium Sirih, Jl. Fakhrudin 3 - Jakarta Pusat

• Diskusi intensif dan loka karya ini dilaksanakan efektif dalam 2 (dua) hari pertemuan. Sampai dengan peserta benar-benar mampu menerapkannya.
• Selain itu, kami tidak hanya memberikan bimbingan, kami dapat memberikan pendampingan dalam penyusunan materi promosi dan penataan pendistribusian produk.
• Apa yang kami lakukan pada akhirnya dapat dilaksanakan oleh peserta diskusi/loka karya, bimbingan, atau peserta pendampingan. Perusahaan pun mendapatkan tenaga mandiri yang memiliki konsep ilmiah yang bersifat praktis.


Penyelenggara
PRIMA CONSULTING GROUP

Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037
E-mail : primaaut@cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com

Instruktur
Drs. Moch.Husni, MBA

Lulus di Fakultas Psikologi Unpad. Menyelesaikan program WM – LLPM dan program MBA – LPPM. Pernah sebagai pimpinan usaha dengan jabatan direktur pelaksana. Dalam aktivitas sebagai marketing manager telah mengembangkan dan memanfaatkan TFT Concept kebidang pekerjaan yang di emban, menyangkut Pemasaran, berhasil melaksanakan pembinaan dan pengembangan kepemimpinan bawahan langsung, mengembangkan kepemimpinan yang baik dan efektif melalui pembinaan intensif.

Sering sebagai penyelenggara pelatihan dan diskusi intensif, juga melaksanakan bimbingan dan pendampingan langsung dalam penerapan TFP Concept di berbagai bidang, memiliki keberanian yang terarah dalam melalui pelaksanaan pendampingan.

Jadwal Acara

Kamis, 12 Maret 2009
08.45 – 09.00 Pembukaan
Sesi 1
09.00 – 10.30 Perumusan Dasar Orientasi Bisnis Dan Pemasaran Berdasarkan Tujuan Pasar Sasaran Sebagai Bentuk Proyeksi Motif Bawaan.
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Perumusan Potential Customer’s Insight Untuk Menetapkan Positioning Atas Dasar Tujuan Pasar Sasaran Sebagai Turunan Motif Bawaan Pasar.
12.15 -13.15 Makan Siang
Sesi 3
13.15 – 14.45 Kedudukan Produk Dalam Rangkaian Kepentingan Pasar Untuk Memahami Ciri Dan Sifat Bisnis Yang Ditangani.
14.45 – 15.00 Coffee Break
Jumat, 13 Maret 2009
Sesi 1
09.00 – 10.30 Pemahaman Kedudukan Produk Serta Gambaran Kepentingan Pasar Dalam Dinamika Motif Dan Motivasi Pasar.
10.30 – 10.45 Break
Sesi 2
10.45 – 11.45 Penguasaan Metode Berpikir Dalam Merancang Dan Melaksanakan Kegiatan Pemasaran (Terutama Dalam Pembuatan Iklan).
11.45 -13.30 Shalat Jumat dilanjutkan Makan Siang
Sesi 3
13.30 – 1500 Pemahaman Dan Pemenuhan Tuntutan Setiap Tahap Perubahan Sikap Dan Tingkah Laku Pasar Dalam Kaitannya Dengan Perancangan Dan Pelaksanaan Kegiatan Pemasaran Di Setiap Aspek Terkait.
15.00 – 15.15 Break

SYARAT RESERVASI

Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upik, Hp.No: 087887129954

PRIMA CONSULTING GROUP : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037 E-mail primaaut @ cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com

Thursday, February 5, 2009

”PROBLEMATIKA PENGELOLAAN BARANG / JASA, TKDN & PENGENDALIANNYA BAGI BUMN, BUMD, PEMDA DAN PENYEDIA BARANG / JASA DALAM PERSFEKTIF KEPPRES 80/2003,


WORKSHOP:
”PROBLEMATIKA PENGELOLAAN BARANG / JASA, TKDN & PENGENDALIANNYA
BAGI BUMN, BUMD, PEMDA DAN PENYEDIA BARANG / JASA DALAM PERSFEKTIF KEPPRES 80/2003, PERMENEG BUMN DAN PERMENPERIN”

A. Latar Belakang

Keppres 80/2003 dan perubahan-perubahannya mengatur pelaksanaan Pengadaan Barang / Jasa (PBJ) Pemerintah. Untuk PBJ BUMN yang dibiayai APBN / APBD tunduk pada Keppres tersebut. Sedangkan PBJ BUMN dengan pendanaan di luar APBN / APBD diatur dalam Peraturan Meneg BUMN No.: PER-05/MBU/2008 tanggal 3 September 2008.

Penerbitan Permen ini dimaksudkan untuk mengakomodir PBJ secara cepat, fleksibel, efisien dan efektif bagi BUMN agar tidak kehilangan momentum bisnis yang dapat menimbulkan kerugian dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip efisien, efektif kompetitif, transparan, adil dan wajar, serta akuntabeI. PBJ yang diatur dalam Permen ini adalah PBJ yang sumber dananya bukan berasal dari APBN / APBD. Sebagaimana dalam Keppres 80/2003, dalam Permen ini juga diatur mengenai tata cara pelelangan barang dan jasa yang meliputi: Pelelangan Terbuka, Pemilihan Langsung; Penunjukan Langsung, dan Pembelian Langsung.

Selain ketentuan dalam Keppres 80/2003 dan Permeneg BUMN dalam PBJ yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan oleh BUMN, BUMD, Pemda, dan Penyedia Barang / Jasa juga adalah adanya Peraturan Menteri Perindustrian No.: 11/M-IND/PER/3/2006 perihal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), termasuk di dalamnya peran Surveyor Independen dan sangsi-sangsinya, baik administratif, maupun finansial.

Workshop ini akan membahas Pokok-pokok Regulasi, Implementasi, Penggunaan Komponen Dalam Negeri dan Pengendalian PBJ yang perlu diperhatikan oleh para Pelaksana atau Satuan Kerja PBJ, baik di BUMN, BUMD, Pemerintah Daerah, maupun Penyedia Barang / Jasa beserta problematiknya, dalam persfektif Keppres 80/2003, Permenneg BUMN dan Permenperin, termasuk di dalamnya ketentuan untuk mengelola sendiri, equal treatment, sanggahan, dan lain-lain.

B. Tujuan dan Manfaat

a. Peserta memahami pengelolaan PBJ berdasarkan Keppres 80/2003 dan Peraturan Menteri Negara BUMN.
b. Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Pelaksanaan PBJ yang terkait dengan Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), beserta sangsi-sangsinya.
c. Peserta memahami pengendalian dan pengawasan terhadap Pelaksanaan PBJ.

C. Peserta

Peserta yang seyogyanya hadir pada acara workshop ini adalah dari Unit Kerja: General Affair, Satuan Kerja Pengadaan Barang / Jasa, SPI (Internal Audit), Risk Management, Compliance Department, Corporate Secretary, Legal Department (Bagian Hukum), dan lain-lain Unit Kerja yang terkait dengan Pengadaan Barang / Jasa di BUMN, BUMD, Pemda dan juga Perusahaan-perusahaan Penyedia Barang / Jasa.
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Acara Workshop

Pelaksanaan acara workshop akan diselenggerakan sebagai berikut:

Hari / Tanggal : Rabu s/d Jum’at, 11 s/d 13 Maret 2009
Tempat Workshop : Hotel Millennium, Jl. Fachrudin No.: 3, Tanah Abang,
Jakarta Pusat.

E. Jadwal Acara Workshop

Rabu, 11 Maret 2009

08.15 – 08.50 Registrasi Peserta
08.50 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting Group
09.00 – 10.30 Pokok-pokok dan Implementasi Keppres 80/2003 tentang Pengadaan Barang & Jasa Pemerintah, oleh Antonius Sudarto, SH., MH / Amir Hamzah, ST., dari Badan Pembinaan Konstruksi & SDM, Departemen Pekerjaan Umum.
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 12.15 Lanjutan ....
12.15 – 13.30 Istirahat, Sholat dan Makan Siang
13.30 – 14.45 Kewajiban Penggunaan Produksi Dalam Negeri, Verifikasi Surveyor dan Sangsi-sangsinya Dalam Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah, oleh Rizanis / Iwan Gayaputra, P.T. Surveyor Indonesia
14.45 – 15.00 Coffee Break
15.00 – 16.30 Lanjutan ….

Kamis, 12 Maret 2009

09.00 – 10.30 Pengelolaan Pengadaan Barang / Jasa BUMN Berdasarkan Peraturan Menteri Negara BUMN No.: PER-05/MBU/2008 tanggal 3 September 2008, oleh Ketut Sunarta, Ak., MM., P.T. Surveyor Indonesia
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 12.15 Lanjutan ….
12.15 – 13.30 Istirahat, Sholat dan Makan Siang
13.30 – 14.45 Aspek-aspek Legal dan Penyimpangan-penyimpangan yang perlu diperhatikan dalam Pengadaan Barang/Jasa, oleh Yosef Suardi Sabda, SH., LLM., Pengacara Negara Pada Kejagung RI
14.45 – 15.00 Coffee Break
15.00 – 16.30 Lanjutan ....

Jum’at, 13 Maret 2009

08.30 – 10.00 Pokok-pokok Pengendalian Intern terhadap Pengelolaan Barang / Jasa Pemerintah, BUMN dan BUMD, oleh Pejabat BPK / BPKP
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 11.45 Diskusi dan Contoh-contoh Cara Pengendalian Intern Pengelolaan Barang / Jasa Pemerintah, BUMN dan BUMD, oleh Pejabat BPK / BPKP


F. Investasi

Investasi untuk mengikuti workshop adalah sebesar Rp. 3.950.000,- (Tiga Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), sudah termasuk Copy Materi, Honor Instruktur, Makan Siang, Coffee Break dan Workshop Kit, namun belum termasuk akomodasi Peserta.

Bagi Instansi, BUMN, BUMD, BPD dan Perusahaan Penyedia Barang / Jasa yang mengirim 5 (lima) orang peserta, mendapat jatah 1 (satu) orang peserta gratis.

Bagi Peserta yang akan menginap di Hotel tempat pelaksanaan acara workshop, panitia pelaksana akan membantu memesankan kamar dengan harga corporate. Pembayaran investasi workshop dengan cara transfer ke rekening P.T. Prima Adil Usaha Tama di Bank Mandiri Cabang Roxy Mas, Jakarta Pusat, pada Nomor Rekening: 117-0002053122.

G. Panitia Pelaksana:

P.T. PRIMA ADIL USAHA TAMA / PRIMA CONSULTING GROUP

Alamat : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone : ( 021) 7245023, Fax : (021) 7245037
E-mail : primaaut @ cbn.net.id / prima_rahma@yahoo.com
Website : www. primaconsultinggroup.blogspot.com

Untuk keterangan lebih lanjut perihal pelaksanaan dan acara workshop dapat ditanyakan kepada Sdri. Rahma dan Sdri. Upie pada nomor telepon diatas, atau melalui Handphone pada nomor masing-masing: 08159927946 dan 087887129954.