Thursday, August 14, 2008

WORKSHOP ASPEK HUKUM DAN KEUANGAN YANG PERLU DIKETAHUI BAGI PEJABAT PEMASARAN DAN PENJUALAN



LATAR BELAKANGPemasaran merupakan ujung tombak suksesnya suatu perusahaan. Menurut Peter Drucker, empu manajemen yang terkenal, hanya pemasaran yang beraktifitas diluar perusahaan, sedangkan aktifitas lainnya praktis didalam perusahaan. Pada kesempatan lain dia juga mengatakan bahwa bisnis hanya memiliki dua fungsi dasar yaitu Inovasi dan Pemasaran.

Pemasaran adalah aktifitas yang paling dekat dengan pencapaian tujuan perusahaan, yaitu keuntungan melalui penjualan yang telah dilakukan.

Didalam kenyataannya, proses marketing atau Marketing Process harus melalui beberapa tahap yaitu pengenalan pasar, pembuatan strategi pemasaran yang meliputi segmentasi pasar, targeting, positioning dan memberikan gambaran yang jelas tentang masalah-masalah product , price, promotion dan distribution yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Untuk diketahui bahwa secara umum tujuan pemasaran ialah menjual produk tertentu kepada kelompok pelanggan tertentu, melalui pengetahuan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jika kita hubungkan dengan masalah makro ekonomi, usaha pemasaran mempunyai peran didalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Didalam negara hukum seperti Indonesia, dimana tingkat kesadaran hukum semakin hari semakin membaik, saat ini orang tidak bisa mengabaikan aspek hukum didalam hampir seluruh aspek kegiatan perusahaan, termasuk dalam hal ini pemasaran. Aspek hukum didalam pemasaran ini jarang sekali dibahas secara terbuka.

Kalau kita melihat aspek hukum didalam pemasaran,kita melihat ada 2 (dua) kelompok masalah yang perlu diperhatikan, pertama aspek hukum yang berhubungan dengan hal-hal yang terjadi dipasar, sebagai contoh apakah didalam orang bertransaksi dipasar mendapat perlakuan yang adil, salah satu contoh perlindungan dipasar adalah adanya undang-undang anti monopoli, juga perlakuan yang sama kepada pihak-pihak yang melakukan tender, dsb. Yang kedua adalah aspek hukum yang ada didalam strategi & tak tik pemasaran, sebagai contoh misalnya apakah penentuan harga wajar dan dianggap adil oleh konsumen, apakah diskon yang dilakukan oleh perusahaan mengandung unsur penipuan, apakah kualitas produk didalam brosur sesuai dengan kenyataan, apakah promosi maupun advertensi mencerminkan keadaan barang yang sesungguhnya, apakah fungsi dan kegunaan barang yang dipromosikan juga sesuai dengan kenyataannya. Dibidang penjualan misalnya, apakah kontrak jual beli dilakukan secara deal dan mempunyai konsekuensi dan hukum yang jelas, dsb.

Disamping itu seorang marketer perlu juga mempunyai pengetahuan yang cukup dibidang keuangan yang berhubungan dengan marketing dan penjualan.



Aspek keuangan marketing dapat memberikan manfaat didalam beberapa hal sbb:
Pertama, aspek keuangan sering muncul didalam pembahasan mengenai pricing policy
Kedua, didalam mengadakan transaksi dengan nasabah terhadap suatu barang dan jasa maka sering sekali timbul pajak yang harus dibayar oleh masing-masing pihak yang menjadi obyek pajak. Pengetahuan yang baik tentang masalah ini akan meminimalkan risiko didalam suatu pricing dari barang dan jasa yang dijual suatu perusahaan.


TUJUAN & MANFAAT WORKSHOP
1. Mereview kembali proses pemasaran/marketing process dari konsep strategi pemasaran sampai dengan penjualan (selling) serta lingkungan pemasaran
2. Memahami masalah-masalah hukum yang ada didalam pasar beserta interaksi peserta pasar
3. Memahami aspek hukum yang berhubungan dengan strategi pemasaran
4. Memahami aspek hukum yang ada didalam penjualan (selling)
5. Memahami masalah keuangan terutama masalah pricing policy
6. Memahami masalah-masalah pajak yang berhubungan dengan penjualan.


PESERTA
Direktur Pemasaran, General Manager Pemasaran , para Manajer dan pejabat-pejabat pemasaran/penjualan di perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan Tbk, perusahaan swasta lainnya, baik perdagangan, industri, jasa, jasa keuangan termasuk perbankan.

JADWAL PELAKSANAAN
Hari : Rabu & Kamis
Tanggal : 20 & 21 Agustus 2008
Waktu : Mulai pukul 08.30 WIB – selesai
Tempat : Hotel Redtop, Jl. Pecenongan No, 72, Jakarta Pusat



JADWAL ACARA

Rabu , 20 Agustus 2008
08.30 – 08.45 Registrasi Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting Group
Sesi 1
09.00 – 10.30 Pemasaran dan Lingkungan yang Dinamis Aninda Sardjana, SE., MBA
• Chairman Prima Consulting Group
• Dosen Marketing FE UI & IBI
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.30 Masalah-Masalah Hukum Yang Perlu Diperhatikan Didalam Pasar Prof.Hikmahanto Juwana, SH., LLM.,PhD
Dekan Fak. Hukum UI

12.30 – 13.30 Lunch
Sesi 3
13.30 – 15.30 Masalah-Masalah Hukum Dalam Pemasaran dan Penjualan Ahlan Sjarief, SH
• Praktisi Perbankan & Dosen FH UI
• Senior Consultant Prima Consulting Group

Kamis, 21 Agustus 2008
Sesi 1
08.30 – 10.00 Cost Accounting untuk Marketing dan Sales Manager (sebagai bahan untuk lebih memahami pricing policy) Drs. Eko Darmanto, Ak, Dpl. BS
• Praktisi Perbankan
• Senior Consultant Prima Consulting Group
10.00 – 10.15 Coffee Break
Sesi 2
10.15 – 11.30 Perpajakan untuk Marketing dan Sales Managers Drs. Lukman Hakim Nasution, MM
Konsultan Pajak, Kuasa Hukum Pengadilan Pajak
11.30 - selesai Penutupan dilanjutkan Makan Siang


SYARAT RESERVASI
Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie, Hp.No: 087887129954