Friday, August 24, 2007

UNDANGAN WORKSHOP : Mengelola Keputusan Manajemen Yang Berisiko Hukum


UNDANGAN WORKSHOP : Mengelola Keputusan Manajemen Yang Berisiko Hukum

Keputusan manajemen sering mempunyai akibat yang luas bukan saja terhadap intern organisasi tetapi juga sampai menjangkau diluar organisasi. Keputusan yang saat ini mempunyai risiko yang cukup tinggi umumnya pada risiko hukum. Akibat dari kasus-kasus didalam pengambilan keputusan yang berakibat hukum, banyak pejabat-pejabat strategis didalam organisasi berurusan dengan pejabat penuntut umum dan pengadilan (antara lain misalnya masalah PHK, keputusan menjual asset BUMN dsb). Oleh karena itu pejabat strategis perlu mendalami pengelolaan keputusan yang berisiko hukum tersebut diatas.

Sehubungan dengan itu perkenankanlah kami mengundang Bapak/Ibu guna mengikuti workshop dengan tema tersebut diatas yang akan kami selenggarakan pada :

Hari : Kamis & Jumat
Tanggal : 6 & 7 September 2007
Waktu : Mulai 08.30 WIB – Selesai
Tempat : Hotel RedTop
Jl. Pecenongan No. 72, Jakarta Pusat

Untuk bahan pertimbangan lebih lanjut mengenai workshop tersebut terlampir kami sampaikan jadwal acara serta maksud tujuan dan manfaatnya.

Seperti diketahui Prima Consulting Group, telah memberi kontribusi yang aktif sebagai konsultan sejak tahun 2001 dengan menyelenggarakan berbagai seminar, semiloka, workshop dan training disamping kegiatan konsultasinya.

Demikianlah kami sampaikan. Atas perhatian serta kesediaan Bapak dan Ibu kami ucapkan terima kasih.

Prima Consulting Group



KERANGKA ACUAN WORKSHOP
MENGELOLA KEPUTUSAN MANAJEMEN YANG BERISIKO HUKUM


Latar Belakang

Kasus-kasus tuduhan pidana yang diderita oleh banyak pimpinan perusahaan maupun pimpinan daerah membuat banyak pimpinan lainnya yang kemudian menghadapi ketakutan untuk mengambil keputusan. Kelemahan dalam pengambilan keputusan memang bisa menyebabkan terlibatnya pejabat-pejabat dari organisasi terkemuka di tanah air mengalami berbagai tuntutan pidana. Sebagai contoh, kasus-kasus dari pimpinan bank-bank baik BUMN maupun swasta, pimpinan lembaga-lembaga negara, Gubernur, Bupati, Walikota maupun DPRD dari berbagai daerah. Padahal salah satu ciri utama pimpinan suatu organisasi, baik pemerintah ataupun swasta ialah membuat keputusan. Keputusan tersebut dibuat setiap hari untuk memecahkan masalah-masalah yang selalu berkembang karena perjalanan organisasi itu sendiri. Pembuatan keputusan untuk memecahkan masalah tersebut perlu dilakukan secara efektif dengan risiko yang terkendali.

Akibat keputusan keputusan yang mengakibatkan kasus hukum terutama pidana tersebut, saat ini pada umumnya ada kecenderungan bahwa pimpinan organisasi, terutama pemerintah dan BUMN sangat berhati-hati didalam pengambilan keputusan. Kehati-hatian tersebut sebenarnya adalah baik, tetapi disisi lain mengakibatkan lambatnya pengambilan keputusan sehingga memperpanjang birokrasi dan menimbulkan kerugian waktu dsb. Kalau hal itu kita amati , hal tersebut juga bisa merupakan sebab kelambatan dalam pertumbuhan ekonomi antara lain misalnya lambatnya penggunaan anggaran (APBN/APBD), lambatnya pemberian kredit, dsb.

Workshop ini membahas bagaimana membuat keputusan yang sistematis, keputusan yang mempunyai risiko terkendali dan mempertajam pengetahuan kita tentang risiko yang masuk ke dalam kategori risiko hukum terutama pidana. Dalam mengelola risiko hukum kita harus berprinsip bukan bagaimana kita keluar dari problem hukum tetapi bagaimana kita tetap berada diluar problem hukum dengan aman.

Disamping itu, Mahkamah Konstitusi dalam putusan tertanggal 25/7/2006, menyatakan penjelasan Pasal 2 ayat 1 UU No. 31/1999 (Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi) tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat lagi. Konsekuensi dari putusan MK itu, penyidik tidak dapat hanya mendasarkan pada pelanggaran asas kepatutan, keadilan, atau norma keadilan masyarakat dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka (melawan hukum materiil). Namun, penyidik harus membuktikan ada tidaknya pelanggaran peraturan perundang-undangan (melawan hukum formil).



TUJUAN & MANFAAT WORKSHOP

Workshop ini ingin memberikan perasaan percaya diri kepada pimpinan untuk dapat memberikan keputusan yang layak dan dapat dipertanggungjawabkan karena mereka telah mengetahui rambu-rambu risiko hukum baik administratif, perdata maupun pidana.


JADWAL


Rabu, 5 September 2007

14.00 – selesai
Check In Hotel / Registrasi Bagi Peserta Yang Menginap
19.00 - 21.00 Makan Malam

Kamis, 6 September 2007
08.00 – 08.45 Registrasi Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting Group
Sesi 1
09.00 – 10.30 Hubungan Antara Hukum Dan Keputusan Manajemen - Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., PhD - Dekan Fak. Hukum UI
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.15 Mengantisipasi Pengambilan Keputusan Yang Berisiko Pidana - Sudhono Iswahyudi, SH,MH - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Periode (2003-2005)

12.15 – 13.15 Lunch
Sesi 3
13.15 – 14.45 Proses Pengambilan Keputusan Yang Efektif Tapi dengan Risiko (Hukum) yang Minimal Dr. Widigdo Sukarman - Mantan Dirut BNI 46 - Dosen Ilmu Ekonomi IPB
14.45 - 15.00 Coffee Break

Jumat, 7 September 2007
Sesi 1
08.00 – 09.30 Mengelola Risiko Hukum Dalam Praktek - Taqyuddin Kadir, SH.,MH - Pengacara pada Kadir & Sabur Law Office
09.30 – 09.45 Coffee Break
Sesi 2
09.45 – 11.30 Audit Hukum Dalam Rangka Mengurangi Risiko Hukum Dari Suatu Keputusan Manajemen - Sutito, SH, MH - Advokat - Dosen Pasca Sarjana Fakultas Hukum UGM

11.30 – 11.40 Penutupan dilanjutkan Makan Siang dan Shalat Jumat

Sabtu, 8 September 2007
13.00 Check Out Hotel Bagi Peserta Yang Menginap



PESERTA
Workshop ini ditujukan kepada:
• Pimpinan Instansi / Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah
• Pemda
• DPRD
• Bank BUMN, Bank Pembangunan Daerah dan Bank Swasta
• BUMN, BUMD, BUMS dan Perusahaan go public
Untuk jabatan antara lain Komisaris, Direksi, Komite Audit, para General Manager, Risk Management, Legal, Auditor Intern


SYARAT RESERVASI

1. Calon peserta mengirimkan formulir pendaftaran dengan mengisi Nama Peserta, Jabatan, Alamat Kantor dan No. Telepon/Faximile.
2. Investasi sebesar :
 Rp. 3.250.000,- , untuk setiap peserta, tanpa menginap
 Rp. 4.000.000,- , menginap dengan satu kamar berdua
 Rp. 4.700.000,- , menginap dengan satu kamar sendiri
Penginapan selama 3 malam (4 hari) bagi yang menginap di hotel
3. Akomodasi :
 Biaya sudah termasuk pengganti bahan pengajaran, Workshop Kit, konsumsi 2 x makan siang, dan 3x Cofee break.
4. Kepastian Reservasi dapat dilakukan setelah bukti pembayaran/transfer diterima.
6. Reservasi paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan Workshop.
7. Peserta yang mengikuti dengan baik akan diberikan sertifikat sebagai tanda keikut sertaan dalam Workshop.
8. Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie, Hp.No: 0817887129954


FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami konfirmasikan bahwa :
1. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.
2. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.

Menyatakan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta :
WORKSHOP MENGELOLA KEPUTUSAN MANAJEMEN YANG BERISIKO HUKUM

Pembayaran ditujukan kepada PT Prima Adil Usaha Tama, Bank Mandiri Cab. Roxy Mas - Jakarta Pusat, Acc. No. 117. 0002053122.
Tanda Bukti Pembayaran harap di Fax. ke panitia Workshop.
Diajukan Oleh :

Nama :
Jabatan :
Telepon/Fax :
Tanggal :

PRIMA CONSULTING GROUP : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037 E-mail primaaut @ cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com

Undangan Seminar Pelaksanaan UU Guru dan Dosen Dalam Perspektif UU Ketenagakerjaan

Undangan Seminar Pelaksanaan UU Guru dan Dosen Dalam Perspektif UU Ketenagakerjaan

Dengan hormat,

Dalam rangka membantu para Pimpinan Lembaga Pendidikan melakukan Implementasi atas UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen yang dikaitkan dengan UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan, maka kami bermaksud akan menyelenggarakan seminar dengan tema ”Pelaksanaan UU Guru dan Dosen Dalam Perspektif UU Ketenagakerjaan”.

Seminar ini akan banyak membantu memberikan perspektif bagi para pimpinan Lembaga Pendidikan dalam melakukan manajemen strategis atas pengelolaan Tenaga Edukatif serta sarana tukar informasi antar sesama Pimpinan Lembaga Pendidikan dan unsur Pemerintah.

Penyelenggara seminar adalah Prima Consulting Group, sebuah institusi konsultan independen yang telah berpengalamaan dalam penyelenggaraan Training dan Seminar, lebih dari 150 kali sejak tahun 2000.

Adapun pembicara seminar adalah :
1. Khaleed Fathony, Lc., LLM
• Staff Senior Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas RI
• Anggota Penyusun Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Guru & Dosen

2. Umar Kasim,SH., MH
• Kepala Subdit Konsultasi Hukum - Biro Hukum Departemen Tenaga Kerja & Transmigrasi RI

Dengan pokok bahasan sebagai berikut :

1. Perbandingan antara UUGD dan UU Ketenagakerjaan dalam Pengaturan Hubungan Kerja antara Lembaga Pendidikan, Guru dan Dosen
2. Kasus-kasus di Lembaga Mediasi (Depnakertrans) dalam Perselisihan Hubungan Kerja antara Lembaga Pendidikan dengan Guru dan Dosen dewasa ini
3. Antisipasi ketentuan baru dalam Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Guru dan Dosen sebagai petunjuk pelaksanaan dari UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen


Sehubungan dengan itu perkenankanlah kami mengundang Bapak dan Ibu guna mengikuti seminar dengan tema sebagaimana tersebut pada pokok surat undangan yang rencananya akan kami selenggarakan pada:

Hari : Rabu
Tanggal : 29 Agustus 2007
Waktu : 09.00 – selesai
Tempat : Ruang Pertemuan Hotel Bumikarsa
Komplek Bidakara, Jl. Gatot Subroto , Jakarta

Untuk kesediaan Bapak/Ibu dalam berpartisipasi pada acara seminar , mohon kiranya dapat memenuhi syarat reservasi seperti terlampir.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian serta kehadiran Bapak dan Ibu pada acara dimaksud, kami sampaikan ucapan terima kasih.


Hormat kami,
Prima Consulting Group



SYARAT RESERVASI

1. Calon peserta mengirimkan formulir pendaftaran dengan mengisi Nama Peserta, Jabatan, Alamat Kantor dan No. Telepon/Faximile.

2. Investasi sebesar :
• Rp.750.000,- , untuk setiap peserta, sudah termasuk pengganti bahan pengajaran, seminar kit dan konsumsi
• Kepastian Reservasi dapat dilakukan setelah bukti pembayaran/transfer diterima.

3. Reservasi paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan Seminar.
4. Peserta yang mengikuti dengan baik akan diberikan sertifikat sebagai tanda keikut sertaan dalam seminar.
5. Segala informasi tentang Seminar dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946 atau Sdri.Upie, Hp.No: 087887129954


FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami konfirmasikan bahwa :

1. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.
2. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.

Menyatakan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta :
Seminar Pelaksanaan UU Guru dan Dosen Dalam Perspektif UU Ketenagakerjaan

Pembayaran ditujukan kepada PT Prima Adil Usaha Tama, Bank Mandiri Cab. Roxy Mas - Jakarta Pusat, Acc. No. 117. 0002053122.
Tanda Bukti Pembayaran harap di Fax. ke panitia Seminar.
Diajukan Oleh :

Nama :
Jabatan :
Telepon/Fax :
Tanggal :

PRIMA CONSULTING GROUP : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037 E-mail primaaut @ cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com

UNDANGAN WORKSHOP “PROBLEMATIK & SOLUSI DALAM MENGAPLIKASIKAN UCP 600 DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK-ASPEK RISIKO”

UNDANGAN WORKSHOP “PROBLEMATIK & SOLUSI DALAM MENGAPLIKASIKAN UCP 600 DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK-ASPEK RISIKO”

Dengan hormat,

Tuntutan untuk meningkatkan kompetensi Human Capital dengan perkembangan mutahir merupakan suatu kebutuhan yang pasti untuk menunjang pengembangan bisnis yang sangat kompetitif disamping upaya untuk menekan berbagai risiko bisnis.

UCP 600 yang menjadi acuan dalam International Trade dengan menggunakan L/C baru saja diberlakukan pelaksanaannya. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan akibat dari perubahan UCP 500 ke UCP 600 tersebut beserta risiko yang terkandung, maka kami mengadakan workshop ini.

Prima Consulting Group, telah memberi kontribusi yang aktif sebagai konsultan sejak tahun 2001 dengan menyelenggarakan berbagai seminar, semiloka, workshop dan training disamping kegiatan konsultasinya.

Sehubungan dengan hal tersebut perkenankanlah kami mengundang Bapak/Ibu guna mengikuti workshop dengan tema sebagaimana tersebut pada pokok surat ini yang akan kami selenggarakan pada:

Hari : Rabu & Kamis
Tanggal : 26 & 27 September 2007
Waktu : Mulai pukul 08.30 WIB – selesai
Tempat : Hotel RedTop, Jl. Pecenongan No. 72, Jakarta Pusat

Untuk bahan pertimbangan lebih lanjut mengenai workshop tersebut, terlampir kami sampaikan perincian acara serta maksud, tujuan dan manfaatnya.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian serta kehadiran Bapak/Ibu pada acara dimaksud, kami sampaikan ucapan terima kasih.

Hormat kami,
Prima Consulting Group


Workshop
PROBLEMATIK & SOLUSI
DALAM MENGAPLIKASIKAN UCP 600
DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK-ASPEK RISIKO



Latar Belakang
UCP menjadi acuan aturan international trade yang menggunakan Letter of Credit (L/C) sudah berlangsung sejak 1933, dimulai dari UCP 100. Dari waktu ke waktu UCP terus menerus dilakukan revisi disesuaikan dengan perkembangan kesepakatan atau permasalahan yang timbul antara peniaga internasional dan mediator peniaga international yang menyangkut transaksi pembayaran menggunakan L/C.

Mei 2003, lembaga penerbit UCP yaitu International Chamber of commerce (ICC) mengutus komisi perbankan ICC (Commission of Banking Technique and Practice) melakukan persiapan revisi UCP 500 yang telah berlaku sejak 1994. Hasilnya adalah revisi terbaru No. 600 menggantikan revisi 1993 No.500.

Workshop ini membahas aplikasi UCP 600 yang baru saja diberlakukan tersebut beserta problematik serta solusi dalam mengaplikasikannya dengan memperhatikan aspek-aspek risiko yang terkandung dalam kegiatan tersebut. Untuk itu, akan dibahas pula berbagai risiko serta bahaya yang melekat dalam transaksi tersebut. Dengan membahas dalam seminar ini maka antisipasi terhadap berbagai risiko yang terkandung diharapkan bisa diatasi dengan lebih baik lagi.

Tujuan dan Manfaat Seminar
• Memberi pemahaman mengenai UCP 600, beserta perubahan-perubahan yang terjadi serta pasal-pasal yang krusial.
• Mendorong agar semua pihak yang melakukan transaksi bisa melaksanakan sesuai UCP 600.
• Menekan risiko dan mengelolanya serta mencegah kemungkinan kerugian karena berbagai sebab seperti keterlambatan transaksi ataupun kelambatan pembayaran serta mencegah kemungkinan unpaid.
• Meningkatkan kewaspadaan para pihak untuk dapat bertransaksi secara benar dan tepat.


Waktu Pelaksanaan
Hari : Rabu dan Kamis
Tanggal : 26 & 27 September 2007
Pukul : 08.30 - 17.00 WIB
Tempat : Hotel RedTop ,
Jl. Pecenongan No. 72 , Jakarta Pusat


Metode Penyajian
Untuk menanamkan pemahaman dan penghayatan peserta demi efektivitas pelaksanaan workshop, penyajian materi kami sampaikan dengan cara :
1. Pemaparan singkat konsep bahasan
2. Diskusi interaktif dan diskusi antar peserta
3. Studi Kasus & Role Play


Peserta
• Para Pejabat/ Petugas yang terlibat dalam kegiatan export, import baik perusahaan Export, Import, Bank, EMKL dan Forwarder.
• Para Pejabat/ Petugas/ Pengawas kegiatan export import dalam perusahaan seperti: Auditor, Risk Management, Control, Compliance


Instruktur
HM. Syarif Arbi. Berpengalaman luas, lebih dari 20 tahun, sebagai praktisi dan instruktur dalam transaksi luar negeri dan perbankan. Telah menulis beberapa buku ;
1. Petunjuk Praktis Perdagangan Luar Negeri Seri Ekspor – Penerbit BPFE Yogyakarta, 1999 , 195 Halaman
2. Petunjuk Praktis Perdagangan Luar Negeri Seri Impor – Penerbit BPFE Yogyakarta, 438 Halaman, Juni 2003
3. Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank – Penerbit Djambatan , Jakarta 411 Halaman terbit tahun 2003

Disamping di Prima Consulting Group, sering bertindak sebagai instruktur di berbagai institusi terkemuka seperti LP3MKA Depkeu, PPEI dll. Piawai untuk mengarahkan peserta memahami secara utuh mengenai perdagangan luar negeri, permasalahan serta solusinya.
Peserta akan memperoleh 2 buah buku tentang perdagangan luar negeri karangan yang bersangkutan.


Jadwal Acara

Hari Pertama

08.30 – 08.45 Registrasi Peserta
08.45 – 09.00 Pembukaan oleh Chairman Prima Consulting Group
Sesi 1
09.00 – 10.30
• Cara Pembayaran Ekspor Impor (TT vs L/C,Tanpa L/C tapi tetap aman, Prasyarat Documentary Collection,Open Account & Standby L/C)
• Sales Contract
• Incoterms (Penulisan Incoterms yang benar, Cost vs Risk dari Trade Terms)
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 12.30
• L/C dan aspek risiko (Commercial L/C vs Standby L/C,Irrevocable vs Amendment,Restricted L/C Bisa dinegosiasi di bank lain ?, Silent Confirmation,Usance Payable At Sight apakah aman ?,Transferable L/C vs Back to Back L/C
• Anatomi L/C dan Critical Point transaksi L/C (Penentuan type of L/C dan terms and conditionnya, L/C application vs coverage, Negosiasi dokumen vs “credit line” & “right of recourse”, Shipping Guarantee)

12.30 – 13.30 Lunch

Sesi 3
13.30 – 15.15 • UCP 600 and its defferents from UCP 500
15.15 – 15.30 Coffee Break
15.30 – 16.45 • UCP 600 And Its Defferents From UCP 500
• Case Study

Hari Kedua

Sesi 1
09.00 – 10.30
• ISBP (International Standard Banking Practice) : ISBP vs UCP, Discrepancy berdasarkan ISBP ?
10.30 – 10.45 Coffee Break
Sesi 2
10.45 – 11.45
• URR 525 (Uniform Rules for Bank-to-Bank Reimbursements under Documentary Credits) : Reimbursement Authorization & Claim, Reimbursement Undertaking vs Confirmed L/C
• URC 522 (Uniform Rules for Collections) : Documentary vs Clean Collection, CI (Collection Instruction), Tanggung jawab bank dalam collection
11.45 – 13.00 Lunch
Sesi 3
13.00 - 14.00
• Risk Management Export Import
Sikap ketika (berkontrak, menerima L/C, menyiapkan dokumen, mengapalkan, negosiasi hasil ekspor, memantau hasil negosiasi)

Sikap ketika (memohon penerbitan L/C, memohon dokumen impor, memeriksa dokumen impor, menyetujui pembayaran, barang tiba, mengeluarkan barang)
Sesi 4
14.00 – 14.45
• Mengelola Risiko Dalam Kegiatan Ekspor Impor :
Country Risk
Political Risk
Economic Risk
Financial Risk
Exchange Rate Risk
14.45 - selesai Penutupan




SYARAT RESERVASI
1. Calon peserta mengirimkan formulir pendaftaran dengan mengisi Nama Peserta, Jabatan, Alamat Kantor dan No. Telepon/Faximile.
2. Investasi sebesar :
 Rp. 3.250.000,- (tiga juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) per peserta
3. Akomodasi :
 Biaya sudah termasuk pengganti Workshop Kit, konsumsi 2 x makan siang, dan 4 x Cofee break
4. Kepastian Reservasi dapat dilakukan setelah bukti pembayaran/transfer diterima
6. Reservasi paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan Workshop
7. Peserta yang mengikuti dengan baik akan diberikan sertifikat sebagai tanda keikut sertaan dalam Workshop
8. Peserta akan mendapatkan :
• Buku karangan HM. Syarif Arbi dengan judul : Petunjuk Praktis Perdagangan Luar Negeri Seri Ekspor – Penerbit BPFE Yogyakarta, 1999 dan Petunjuk Praktis Perdagangan Luar Negeri Seri Impor – Penerbit BPFE Yogyakarta, Juni 2003
• UCP 600 beserta terjemahannya
• CD berisi file makalah yang ditayangkan oleh instruktur
• Hardcopy seluruh makalah workshop
9. Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946


FORMULIR PENDAFTARAN
Dengan ini kami konfirmasikan bahwa :

1. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.

2. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.

Menyatakan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta :
WORKSHOP PROBLEMATIK & SOLUSI DALAM MENGAPLIKASIKAN UCP 600

Pembayaran ditujukan kepada PT Prima Adil Usaha Tama, Bank Mandiri Cab. Roxy Mas - Jakarta Pusat, Acc. No. 117. 0002053122.
Tanda Bukti Pembayaran harap di Fax. ke panitia Workshop.
Diajukan Oleh :

Nama :
Jabatan :
Telepon/Fax :
Tanggal :

PRIMA CONSULTING GROUP : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037 E-mail primaaut @ cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com

WORKSHOP “KOMPETENSI ANALIS CHARACTER UNTUK ACCOUNT OFFICER – CREDIT ANALYST”

UNDANGAN WORKSHOP “KOMPETENSI ANALIS CHARACTER UNTUK ACCOUNT OFFICER – CREDIT ANALYST”

Tuntutan untuk meningkatkan kompetensi SDM terutama dibidang pemberian kredit merupakan suatu kebutuhan yang pasti untuk menunjang pengembangan bisnis yang sangat kompetitif disamping untuk menekan risiko pemberian kredit.

Prima Consulting Group, telah memberi kontribusi yang aktif sebagai konsultan sejak tahun 2001 dengan menyelenggarakan berbagai seminar, semiloka, workshop dan training disamping kegiatan konsultasinya.

Sehubungan dengan itu perkenankanlah kami mengundang Bapak dan Ibu guna mengikuti workshop dengan tema sebagaimana tersebut pada pokok surat undangan yang rencananya akan kami selenggarakan pada:

Hari : Rabu & Kamis
Tanggal : 5 & 6 September 2007
Waktu : Mulai pukul 08.30 WIB – selesai
Tempat : Hotel Millennium, Jl. Fachrudin No. 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Untuk bahan pertimbangan lebih lanjut mengenai workshop tersebut, terlampir kami sampaikan perincian acara serta maksud, tujuan dan manfaatnya.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian serta kehadiran Bapak dan Ibu pada acara dimaksud, kami sampaikan ucapan terima kasih.

Hormat kami,
Prima Consulting Group




Kerangka Acuan
WORKSHOP KOMPETENSI ANALIS KARAKTER UNTUK ACCOUNT OFFICER - CREDIT ANALYST
(Suatu Usaha Untuk Meningkatkan Kemampuan Analis Kredit Dengan Pendekatan Analisis Psikologi)


Pendahuluan
Sebagaimana kita ketahui bahwa pendekatan analisis kredit pada umumnya menggunakan konsep 5C yaitu : Karakter, Capital, Capacity, Collateral dan Condition of Economy. Namun C yang pertama yaitu Karakter amat dangkal analisisnya ketimbang 4C hal ini akibat kedangkalan pengetahuan yang dimiliki oleh para Relationship Manager/Account Officer, yang melakukan analisis kredit untuk mengakses kedalaman pengenalan Karakter seseorang nasabah,. Workshop ini akan membedah lebih mendalam bagaimana seorang Relationship Manager/Account Officer menganalisa Karakter seorang nasabah/calon nasabah kredit, karena baik dari penggunaan kredit sampai dengan pelunasan kredit akan sangat tergantung pada karacter debitur tersebut.

Workshop ini akan mengetengahkan betapa analisis kredit perbankan dari pendekatan analisis psikologi/karakter tidak kalah pentingnya dan justru lebih menambah keamanan pemberian kredit karena dampak risiko karakter yang telah terditeksi secara psychologi secara dini. Dengan demikian kerugian bank dapat diminimalisir, dibanding pendekatan analisis kredit tradisional tanpa menganalisa aspek karakter secara mendalam.

Workshop ini juga akan mengetengahkan jurus – jurus analisis psikologis/karakter yang perlu dilaksanakan sehingga analisis kredit akan lebih berbobot lagi.

Latar Belakang
Sekalipun konsep 5C adalah konsep standar analisis kredit dan telah dipergunakan selama bertahun - tahun, namun C yang pertama yaitu Karakter karena kurangnya informasi untuk mengakses menjadi kurang tercerna. Berbeda dengan Capital, Capacity, Collateral dan Condition of Economy dengan relative terbaca dari laporan keuangan mapun sumber tertulis lainnya. Semenjak bertahun – tahun analisis kredit khusus untuk analisis faktor psikologis / karakter menjadi terabaikan.

Tetapi sebetulnya sekarang ini masalah analisis kredit dari sisi psikologis/karakter tidaklah sesulit masa lalu, karena sudah dapat dirumuskan perangkat analisisnya. Banyak hal yang positip yang dapat digali dan yang menjanjikan sebagai solusi dari risiko yang tadinya tersembunyi dibelakang faktor psikologis/karakter yang akan memberikan tambahan rasa aman bagi kalangan perbankan , bahwa pemberian kredit dengan pendalaman yang wajar dari faktor psikologis / karakter itu adalah sesuatu yang memberikan nilai tambah untuk kesempurnaan analisis kredit.

Tujuan dan Manfaat Seminar
Seminar ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah atas kualitas analisis kredit dengan memberikan perangkat / tools untuk menggali masalah di seputar analisis psikologis / karakter nasabah / calon nasabah kredit, dan berupaya menjelaskan bahwa analisis psikologis bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicerna dan tidaklah cukup beralasan untuk hanya memberikan ulasan psikologis / karakter nasabah sekedarnya saja malahan sekarang analisis kredit dari sudut psikologis adalah sesuatu yang dimungkinkan sejalan dengan konsep 5C yang berimbang.



Pada akhirnya, analis kredit Bank tentu menginginkan :
• Dapat bekerja lebih professional lagi dengan memberikan analisis 5C yang berimbang.
• Dapat memastikan bahwa semua aktivitas pemberian kredit bank khusus dari sudut analisis risiko psikologis/karakter cukup terakses dengan baik dan ketentuan– ketentuan umum manajemen risiko perkreditan menjadi dipenuhi.

Waktu2 (dua) hari yaitu pada tanggal 5 – 6 September 2007, dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB

Instruktur• Workshop ini dilakukan oleh Sartono Mukadis, psikolog dari Behaviour Center PersoData, seorang psikolog terkemuka di Indonesia
• Team ini seluruhnya adalah psikolog berpengalaman alumni Fakultas Psikologi Universitas Indonesia


Metode Penyajian
Untuk menanamkan pemahaman dan penghayatan peserta demi efektivitas pelaksanaan pelatihan, penyajian materi kami sampaikan dengan cara :
1. Pemaparan singkat konsep bahasan
2. Diskusi interaktif dan diskusi antar peserta
3. Simulasi dan role play
4. Latihan


Peserta
Kabag Kredit, AO Kredit , Credit Officer, Risk Officer dan SPI Bank – Bank BUMN, Bank – Bank BPD, dan Bank – Bank Swasta.

JADWAL ACARA

Selasa, 4 September 2007
Check in hotel bagi peserta yang menginap
Rabu, 5 September 2007

07.00 – 07.55 Pendaftaran Peserta
07.55 – 08.00 Pembukaan

Sesi I
08.00 – 10.00 Mengenal diri sendiri who am I Harry Victor Danukusumo
10.00 – 10.15 Break
Sesi II
10.15 – 12.15 Memahami Calon Nasabah & Nasabah Anda :
Teori kepribadian dan karakterologi,
mengenal pelbagai penyimpangan prilaku dan kepribadian - Tjut Rifa Mutia
12.15 – 13.15 Isoma
Sesi III
13.15 – 15.15 Memahami Calon Nasabah & Nasabah Anda :
Mengenal Penyimpangan Prilaku & Kepribadian . Kasus Psikopat Kerah Putih - Sartono Mukadis

15.15 – 15.30 Break
Sesi IV
15.30 – 17.00 Teknik Interview Manager Relationship/Account Officer thd Nasabah/Calon Nasabah, Probing Anamnese dan Riwayat Hidup Interviewee. Harry Victor Danukusumo
Kamis, 6 September 2007

Sesi I
08.00 – 10.00
Latihan menyusun pertanyaan quest Instruktur untuk nasabah/calon nasabah anda

Tjut Rifa Mutia
10.00 – 10.15 Break
Sesi II
10.15 – 12.15 Role Play
Interview dan observasi secara psikologi kepada nasabah/calon nasabah - Harry Victor Darmokusumo
12.15 – 13.15 Isoma
Sesi III
13.15 – 15.15 Role Play
Form Interview dan observasi secara psikologi kepada nasabah/calon nasabah - Harry Victor Darmokusumo
15.15 – 15.30 Break
15.30 – 17.00 Test akhir
Sartono Mukadis
Tjut Rifa Mutia
Harry Victor Darmokusumo
17.00 - selesai Penutupan

Jumat, 7 September 2007
Check out hotel bagi peserta yang menginap


SYARAT RESERVASI

1. Calon peserta mengirimkan formulir pendaftaran dengan mengisi Nama Peserta, Jabatan, Alamat Kantor dan No. Telepon/Faximile.
2. Investasi sebesar :
 Rp. 3.250.000,- , untuk setiap peserta, tanpa menginap
 Rp. 4.000.000,- , menginap dengan satu kamar berdua
 Rp. 4.700.000,- , menginap dengan satu kamar sendiri
Penginapan selama 3 malam (4 hari) bagi yang menginap di hotel
3. Akomodasi :
 Biaya sudah termasuk pengganti bahan pengajaran, Workshop Kit, konsumsi 2 x makan siang, dan 4 x Cofee break.
4. Kepastian Reservasi dapat dilakukan setelah bukti pembayaran/transfer diterima.
6. Reservasi paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan Workshop.
7. Peserta yang mengikuti dengan baik akan diberikan sertifikat sebagai tanda keikut sertaan dalam Workshop.
8. Segala informasi tentang Workshop dapat melalui :
Sdri. Rahma Hp.No: 08159927946


FORMULIR PENDAFTARAN

Dengan ini kami konfirmasikan bahwa :

1. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.
2. Nama : Jabatan :
Instansi :
Telp. : Fax. Email.

Menyatakan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta :
Workshop Kompetensi Analis Karakter Untuk Account Officer - Credit Analyst
(Suatu Usaha Untuk Meningkatkan Kemampuan Analis Kredit Dengan Pendekatan Analisis Psikologi)

Pembayaran ditujukan kepada PT Prima Adil Usaha Tama, Bank Mandiri Cab. Roxy Mas - Jakarta Pusat, Acc. No. 117. 0002053122.
Tanda Bukti Pembayaran harap di Fax. ke panitia Workshop.
Diajukan Oleh :

Nama :
Jabatan :
Telepon/Fax :
Tanggal :

PRIMA CONSULTING GROUP : Jl. Gandaria III No.5A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Phone: ( 021) 7245023, Fax :(021) 7245037 E-mail primaaut @ cbn.net.id
www.primaconsultinggroup.blogspot.com